Jurus Jitu Mengatasi Susah BAB Ketika Puasa

Jurus Jitu Mengatasi Susah BAB Ketika Puasa
Ilustrasi Jurus Jitu Mengatasi Susah BAB Ketika Puasa. Sumber Foto: iStockphoto.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Beberapa orang kerap mengalami masalah kesehatan ketika puasa di bulan Ramadhan yang membuat kondisi badan menjadi tidak nyaman. Salah satunya adalah sulit buang air besar (BAB), tapi tenang, cara ampuh mengatasinya saat puasa akan dibahas di sini.

Mengalami susah BAB ketika puasa adalah hal lumrah mengingat kita makan lebih sedikit ketimbang hari biasanya, sehingga secara alami volume BAB pun lebih sedikit. Meski kondisi ini bukan gangguan kesehatan yang mengancam, seseorang akan merasa tidak nyaman dan berisiko mengalami sembelit jika mengalaminya lebih dari tiga hari.

Baca juga: Cegukan Saat Puasa, Cara Mengatasinya Gak Perlu Minum!

Supaya Anda bisa buang air besar dengan lancar, berikut cara ampuh mengatasi susah BAB ketika puasa sebagaimana dilansir dari SehatQ.

Baca Juga:Juara MPL ID Season 11, Ini Torehan yang Dibukukan ONIC Esports‘Dear Newcastle, Siapkan Uang Segini Kalau Mau Boyong McTominay’

  1. Konsumsi makanan dengan kandungan serat

Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi bertujuan demi memperlancar proses pencernaan. Serat akan memunuhi usus sampai akhirnya menimbulkan rasa ingin buang air besar.

Beberapa makanan berserat di antaranya macam biji-bijian, roti gandum, buah, sayur, atau kacang-kacangan. Selain itu kalian juga dapat mengonsumsi buah kurma untuk membantu menghilangkan sembelit di bulan Ramadhan.

  1. Mengurangi konsumsi makanan rendah serat

Selain memperbanyak konsumsi makanan berserat, kita juga tetap mesti mengurangi makan-makanan yang rendah serat ketika puasa. Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat rendah dapat menghambat proses pencernaan, yang berujung pada sulit BAB.

Adapun beberapa makanan yang memiliki kandungan serat rendah di antaranya produk susu, makanan kaleng, dan daging.

  1. Mencukupi kebutuhan air mineral

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal delapan gelas sehari di bulan puasa tetap bisa dilakukan. Caranya minum dua gelas saat berbuka dan sahur, serta empat gelas sepanjang malam.

Jumlah itu adalah minimal, sehingga meminum lebih dari delapan gelas sehari sangat bagus supaya tidak susah BAB saat puasa.

  1. Tetap beraktivitas

Tetaplah beraktivitas seperti biasa karena mengurangi aktivitas dapat berdampak pada menurunnya aktivitas pencernaan. Jika aktivitas pencernaan menurun saat puasa, sembelit akan terjadi.

0 Komentar