Resep Opor Ayam Telur untuk Sajian Lebaran

Resep Opor Ayam Telur untuk Sajian Lebaran
(Foto: @resep_masakan_indonesia/Instagram)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Mendekati lebaran pastinya kita akan membuat berbagai makanan, bukan hanya kue kering saja, biasanya saat perayaan Idul Fitri para keluarga memasak makanan berat , seperti sambel goreng kentang, rendang, capcay, dan tentunya makanan yang identic saat Idul Fitri ialah Opor Ayam.

Opor ayam dan ketupat, bisa disebut menjadi makanan wajib dalam perayaan idul fitri. Belum Lebaran namanya kalau belum menyantap hidangan tersebut. Sekarang saatnya kita berkreasi membuat opor ayam dan telur untuk hidangan di lebaran nanti.

Penasaran bagaimana cara membuat opor ayam telur yang gurih, simpel, dan menggugah selera? Berikut merupakan resep opor ayam telur yang gurih.

Baca Juga:Persiapan Mudik Lebaran 2023, Tol Jakarta-Cikampek Rampung Dilebarkan Jadi 4 JalurAgustino Tewas Ditembak Oknum Polisi Didepan Anak dan Istrinya

Bahan:

– 1 ekor ayam kampung, potong-potong
– 5 buah telur ayam, rebus
– 1 liter air
– 300 ml santan kental
– 3 cm lengkuas
– 2 batang serai, memarkan
– 3 lembar daun salam
– 3 lembar daun jeruk
– 1/4 sdt bubuk kunyit
– 1/2 sdt bubuk ketumbar
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt merica
– Minyak goreng

Bumbu halus:
– 7 siung bawang putih
– 10 buah bawang merah
– 5 buah kemiri
– 3 cm jahe

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk dengan minyak goreng hingga harum. Masukkan ayam yang sudah dipotong. Masak hingga ayam berubah warna.
2. Masukkan air, bubuk kunyit, bubuk ketumbar, garam dan merica. Masukkan telur jika ayam sudah mulai empuk. Jika ayam sudah empuk masukkan santan dan masak sampai meletup-letup sambil diaduk. Koreksi rasa.
3. Opor ayam dan telur siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

0 Komentar