AHY Punya Keunggulan Bisa Dongkrak Elektabilitas Anies Jika Dipasangkan

AHY Punya Keunggulan Bisa Dongkrak Elektabilitas Anies Jika Dipasangkan
0 Komentar

JAKARTA,SUKABUMIEKSPRES – AHY Punya Keunggulan, Kajian politik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) punya keunggulan agar bisa mendongkrak elektabilitas Anies Baswedan. Jika ia dipasang menjadi calon wakil presiden.

“AHY memiliki kelebihan untuk menaikkan elektabilitas Anies Baswedan jika dia menjadi cawapresnya melawan Ganjar Pranowo, kata pendiri SMRC Prof Saiful Mujani, dikutip fajar.co.id dari keterangan resmi, Kamis (6/4/2023).”

Saiful menjelaskan bahwa jika yang maju dalam pilpres tiga calon (Ganjar, Anies, dan Prabowo Subianto), maka kemungkinan akan terjadi dua putaran karena tidak ada yang mendapatkan dukungan di atas 50 persen. Yang paling kuat elektabilitasnya sejauh ini adalah Ganjar. Dia unggul atas Anies maupun Prabowo.

Baca Juga:Densus 88 Tangkap Empat Warga Asal Uzbekistan, Diduga Terkait Jaringan TerorisKapolres Bedah Rumah Milik Mak Ocih 

“Pertanyaannya adalah bagaimana lawannya bisa mengalahkan Ganjar? Siapa yang bisa membantu Anies dan siapa yang bisa membantu Prabowo untuk mengalahkan Ganjar?” ujar Saiful.

SMRC melakukan studi eksperimental untuk menjawab itu. Untuk melihat pengaruh wakil tersebut pada Anies. Hasilnya 32 persen memilih Anies dan 51 persen memilih Ganjar. Ada 17 persen yang belum menentukan pilihan.

Jika Anies dipasangkan dengan Airlangga, suara Anies menjadi 28 persen, Ganjar 29 persen, Prabowo 23 persen, tidak jawab 19 persen.

Saiful melanjutkan, jika berpasangan dengan AHY, suara Anies 26 persen, Ganjar 44 persen, Prabowo 20 persen, dan tidak jawab 10 persen.

Jika berpasangan dengan Aher, suara Anies 21 persen, Ganjar 35 persen, Prabowo 34 persen, dan tidak jawab 10 persen.

“Jika berpasangan dengan Andika, suara Anies 19 persen, Ganjar 45 persen, Prabowo 24 persen, dan tidak jawab 13 persen,” paparnya.

“Jika berpasangan dengan Khofifah, suara Anies 30 persen, Ganjar 33 persen, Prabowo 28 persen, dan tidak jawab 9 persen,” lanjut Saiful.

Baca Juga:Hadiri Penandatanganan TNGHS dan KTHMHQ Kegiatan Religius Cerminan dari Visi Kabupaten Sukabumi

Jika berpasangan dengan Mahfud MD, dukungan pada Anies menjadi 32 persen dan Ganjar 48 persen. Jika Anies mengambil Prabowo sebagai Cawapres, suaranya akan menjadi 35 persen dan Ganjar 52 persen.

Dalam uji statistik ditemukan ada dua tokoh cawapres yang bisa membantu menaikkan suara Anies secara signifikan jika diambil sebagai cawapres melawan Ganjar, yakni AHY dan Khofifah.

0 Komentar