Menu Lebaran: Resep Rendang Daging Bumbu Jawa, Empuk Meresap!

Menu Lebaran Resep Rendang Daging Bumbu Jawa yang Empuk Meresap
Resep Rendang Daging Bumbu Jawa ala Devina Hermawan: Tangkapan Layar kanal YouTube Devina Hermawan.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Lebaran Idul Fitri sebentar lagi, sudahkah kamu tahu mau membuat makanan apa sebagai sajian nanti? Kalau belum, maka resep rendang daging bumbu Jawa ala chef Devina Hermawan bisa menjadi alternatif.

Rendang, salah satu kuliner paling populer di Indonesia, merupakan masakan daging yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat. Makanan bercita rasa pedas ini diolah dengan santan, lada, serta beragam bumbu khas lainnya.

Selain menjadi pilihan favorit atau best seller di rumah makan Padang, rendang juga selalu terpilih sebagai sajian di hari lebaran. Olahan makanan dari daging sapi ini bersama opor ayam dan kari ayam adalah ‘teman’ ketupat, yang populer ketika Idul Fitri.

Baca Juga:Mario Aji Ukir Sejarah Indonesia, Disanjung Habis Legenda MotoGPBlacklist International Lagi Bapuk, Diklaim Akan Kalah Di Playoff MPL PH S11

Baca juga: Resep Rendang Padang untuk Sajian Lebaran

Sebagai rekomendasi menu lebaran nanti, berikut ada resep rendang daging bumbu Jawa ala chef Devina Hermawan. Resep hidangan tersebut Sukabumi Ekspres kutip dari kanal YouTube Devina Hermawan. Bagi kalian yang ingin menghidangkan rendang dengan tekstur empuk dan meresap bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Menu lebaran: resep rendang daging bumbu Jawa ala chef Devina Hermawan.

Bahan:

– Daging sapi sengkel (empat kg)

– Daun salam (sembilan lembar)

– Serai (enam batang), geprek

– Daun jeruk (15 lembar)

– Gula merah (150 gr)

– Santan (1,5 liter)

– Air (1,5 liter)

– Garam (dua sdm)

– Kaldu jamur / penyedap (dua sdm)

Bahan bumbu halus:

– Bawang putih (36 siung)

– Bawang merah (30 siung)

– Cabai merah (350 gr), potong

– Kemiri (30 butir), geprek

– Jahe (40 gr)

– Lengkuas (60 gr)

– Lada putih butir (satu sdm)

– Ketumbar (tiga sdm)

– Minyak (300 ml)

Air (125 ml)

Pelengkap:

– Nasi putih

– Bawang goreng

– Sambal goreng ati

– Ketupat

Baca juga: Resep Opor Ayam Susu ala Devina Hermawan, Recomended Buat Lebaran

Cara membuat rendang daging bumbu Jawa:

  1. Buat bumbu halus: iris lengkuas dan jahe, masukkan ke blender bersama kemiri, bawang putih, ketumbar, lada putih, dan minyak, lalu blender.
  2. Tambahkan air, blender lagi sampai halus. Setelah itu masukkan bumbu ke wadah.
  3. Masukkan cabai merah, bawang merah, minyak, dan air di blender yang sama. Haluskan dan kemudian tuang pada wajan. Catatan: Tidak dimasukkan bersama bumbu-bumbu sebelumnya karena terlalu penuh.
  4. Nyalakan kompor, masak bumbu sampai halus dengan api kecil. Potong-potong daging lalu sisihkan. Tips memotong daging: jangan terlalu tipis atau terlalu kecil karena daging akan hancur, apalagi akan menciut saat dimasak.
  5. Masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk dalam wajan berisikan bumbu halus tadi. Masak di api sedang sampai wangi dan matang.
  6. Setelahnya, masukkan air, santan, daging, gula merah, garam, serta kaldu jamur. Masak di api besar hingga mendidih. Begitu mendidih, kecilkan api dan masak sampai empuk. Tips memasak daging sengkel: masak sekitar 2-2.5 jam supaya teksturnya empuk dan lembut.
  7. Jika daging sudah empuk, besarkan api agar lebih cepat menguap, lalu angkat serainya.
  8. Tuang rendang pada piring saji, taburkan bawang goreng dan santap dengan pelengkap lainnya.
0 Komentar