Niat dan Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri

Niat dan Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri
ilustrasi shalat/ Pexels/ Alena Darmel
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Niat sholat Idul Fitri merupakan hal yang wajib diketahui oleh semua umat muslim. Shalat idul fitri merupakan shalat sunnah 2 rakaat yang dikerjakan oleh umat muslim di waktu pagi hari saat hari raya idul fitri.

Hukum salat Id atau shalat idul fitri adalah sunah muakad atau amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Allah SWT bakal memberikan pahala dan keutamaan yang besar untuk setiap orang yang mengerjakannya.

Allah telah menjanjikan ampunan bagi setiap umat yang menunaikan salat Idulfitri, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

عَنْ ابنِ مَسْعُوْد عَنِ النَّبِي ﷺ أَنَّهُ قَالَ اِذَا صَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ وَخَرَجُوْا اِلَى عِيْدِهِمْ يَقُوْلُ اللهُ تَعَالىَ: يَا مَلاَئِكَتِيْ كُلُّ عَامِلٍ يَطْلُبُ أَجْرَهُ وَعِبَادِيْ اللَّذِيْنَ صَامُوْا شَهْرَهُمْ وَخَرَجُوْا اِلَى عِيْدِهِمْ يَطْلُبُوْنَ أُجُوْرَهُمْ أَشْهِدُوْا أَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ. فَيُنَادِي مُنَادٍ يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ اِرْجِعُوْا اِلَى مَنَازِلِكُمْ قَدْ بَدَلْتُ سَيِّئَاتِكُمْ حَسَنَاتٍ. فَيَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى: يَا عِبَادِيْ صُمْتُمْ لِيْ وَأَفْطَرْتُمْ لِيْ فَقُوْمُوْا مَغْفُوْرًا لَكُمْ.

Baca Juga:Titik Pemantauan Sidang Isbat di Jawa Barat Ada 11 TitikHarga dan Spesifikasi HP Vivo V27 5G, Spek Dewa Parah!

Artinya:
“Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud dari Nabi Muhammad, bahwa Nabi bersabda: Ketika umat Nabi melaksanakan puasa pada bulan Ramadan dan mereka keluar untuk melaksanakan salat Idulfitri, maka Allah berfirman; Wahai Malaikatku, setiap yang telah bekerja akan mendapatkan upahnya. Dan hamba-hambaku yang telah melaksanakan puasa Ramadan dan keluar rumah untuk melakukan salat Idulfitri, serta memohon dari ibadah meraka, maka saksikanlah bahwa sesungguhnya aku telah memaafkan mereka. Kemudian ada yang berseru wahai umat Muhammad, kambalilah ke rumah-rumah kalian, aku telah menggantikan keburukan kalian dengan kebaikan. Maka Allah SWT berfirman; Wahai hamba-hamba ku, kalian berpuasa untukku dan berbuka untukku, maka tegaklah kalian dengan mendapatkan ampunan ku terhadap kalian.”

Adapun bacaan niat sholat Idul Fitri adalah seperti berikut:

1. Niat salat Idulfitri untuk imam 

Berikut bacaan niat salat Idulfitri untuk imam.

Niat salat Idulfitri terbagi atas niat yang dibaca oleh imam dan niat yang dibaca oleh makmum.

Dikutip dari laman Nadhlatul Ulama, berikut bacaan niat salat Idulfitri yang dilafalkan oleh imam:

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li idil fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta’ala.

Artinya: Aku menyengaja sembahyang sunah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam karena Allah ta’ala.

2. Niat salat Idulfitri untuk makmum

Terdapat bacaan niat salat Idulfitri untuk makmum, berikut bacaan niat salat Idulfitri untuk makmum:

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Baca Juga:5 Rekomendasi Film Thailand Romentic Comedy Paling Hits5 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman

Ushalli sunnatan lil idil fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati ma’muman lillahi ta’ala.

0 Komentar