Penetapan 1 Syawal Jatuh Pada Hari Jumat, PP Muhammadiyah: Kedudukan Geometrinya Sudah Dipenuhi

Penetapan 1 Syawal Jatuh Pada Hari Jumat, PP Muhammadiyah: Kedudukan Geometrinya Sudah Dipenuhi
Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan penetapan 1 syawal lebaran Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023. Informasi tersebut diketahui berdasarkan tayangan video melalui laman YouTube @mchannel1912 / Muhammadiyah Channel. Dok. YouTube: Muhammadiyah Channel
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan penetapan 1 syawal lebaran Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023. Informasi tersebut diketahui berdasarkan tayangan video melalui laman YouTube @mchannel1912 / Muhammadiyah Channel.

Profesor Dr H Syamsul Anwar MA, selaku Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjelaskan terkait penetapan 1 syawal lebaran Idul Fitri memang memiliki perbedaan dengan kebijakan pemerintah.

Tolak ukur hasil penetapan 1 syawal lebaran Idul Fitri dilakukan berdasarkan perhitungan yang dikenal dengan istilah Hisab Wujud Hilal. Pihaknya menjelaskan bahwa perhitungan yang digunakan tidak berdasarkan penglihatan, melainkan kedudukan geometri matahari, bumi, dan bulan.

Baca Juga:Viral! Setelah Disita KPK, Berapa Harga Sepatu Louis Vuitton Milik Wali Kota Bandung?Resep Gulai Ayam, Cocok Untuk Santapan di Hari Raya Idul Fitri!

Dirinya berpendapat bahwa ada potensi perbedaan jadwal Lebaran 2023 antara Muhammadiyah dan pemerintah. Pasalnya, pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama (Kemenag) berpedoman pada kriteria Menteri-Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malyasia, dan Singapura (MABIMS).

Jika merujuk pada kriteria dari MABIMS ( pada kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan juga Singapura) posisi hilal belum memenuhi syarat yakni harus 3 derajat dengan sudut elongsai 6,4 derajat.

Berdasarkan keterangan yang telah didapat melalui unggahan video melalui laman YouTube Muhammadiyah Channel, PP Muhammadiyah telah sah menetapkan bahwa 1 syawal lebaran Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023.

“1 Syawal jatuh pada hari Jumaat, 21 April,” kata Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Profesor Dr H Syamsul Anwar MA.

Untuk memastikan hari lebaran akan jatuh pada tanggal berapa akan di putuskan dalam sidang isbat nanti malam, kamis tanggal 20 April 2023.

Baca juga: Kapan Sidang Isbat Lebaran 2023? Berikut Putusan Kementerian Agama

Namun walaupun begitu, berdasarkan perhitungan diatas yang telah dipaparkan, Kapan lebaran 2023 Menurut Kemenag sudah bisa di prediksi dan kemungkinan besar akan jatuh pada hari Sabtu, tanggal 22 April 2023.

0 Komentar