Situ Cileunca: Danau Bersejarah Peninggalan Penjajahan Belanda

Situ Cileunca: Danau Bersejarah Peninggalan Penjajahan Belanda
Situ Cileunca: Danau Bersejarah Peninggalan Penjajahan Belanda / Istimewa
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Danau Cileunca, terletak di Pangalengan, Bandung merupakan objek wisata alam yang indah dan menarik. Danau ini terbentuk dari aliran sungai Cipeuteuy dan dikelilingi oleh perbukitan dengan pemandangan hijau asri. Bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan dengan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian kota, Danau Cileunca Pangalengan adalah tempat yang tepat.

Danau Cileunca Pangalengan ini dibangun pada masa kependudukan penjajahan Belanda dan diperkirakan dibangun pada tahun 1919-1926. Tujuan pembangunan danau ini pada awalnya adalah untuk memenuhi pasokan air bersih ke wilayah Bandung Kota, selain debit airnya yang cukup tinggi dimanfaatkan juga sebagai pembangkit listrik. Setelah itu, danau ini juga dijadikans ebagai pasokan penyedia air bersih untuk minum di daerah Kota Bandung, serta juga dijadikan sebagai tempat wisata dan terbukti dengan dokumentasi yang ada di Museum Antropologi Amsertam, Belanda.

Berikut Lokasi, Tiket Masuk, dan Fasilitas yang ada di Danau Cileunca, Simak Ulasannya!

Lokasi Menuju Tempat Wisata

Bagi kalian yang ingin main ke Danau Cileunca atau Situ Cileunca ini, lokasinya berada di Jalan. Situ Cileunca Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Untuk menuju lokasinya, anda dapat menempuh jarak sepanjang 45 kilometer dengan waktu tempuh 1,5 jam. Namun, bila anda berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya jarak tempuh bisa memakan waktu 3-4 jam itu pun tergantung dari kondisi lalu lintasnya.

Baca Juga:Mengapa Uang Kuno Bisa Menjadi Trending? Apa Istimewanya?Bendungan Cirata: Destinasi Wisata Terbaik di Purwakarta

Untuk menuju ke Danau Cileunca Pangalengan dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat menggunakan GPS atau maps untuk menuju ke lokasi. Namun, jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan angkot dari Terminal Ciroyom menuju ke Pangalengan dengan tarif sekitar Rp 10 ribu per orang. Setelah itu, wisatawan dapat menggunakan ojek atau sewa mobil untuk menuju ke Danau Cileunca.

0 Komentar