Pemkot Komitmen Kelola Aset Daerah dengan Baik

Pemkot Komitmen Kelola Aset Daerah dengan Baik
0 Komentar

JL SURYAKENCANA,SUKABUMIEKSPRES – Pemkot Sukabumi serius mengelola aset barang milik daerah. Salah satunya dengan menggencarkan bimbingan teknis (bimtek) penaksiran harga barang milik daerah bagi aparatur yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Sukabumi di salah satu hotel di Jalan Suryakencana, kemarin (9/5).

Kegiatan menggandeng Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor. Bagi Pemkot Sukabumi kegiatan ini penting digelar karena pentingnya mengelola aset barang milik daerah untuk menunjang pelayanan publik.

“Aset barang milik daerah begitu penting karena merupakan amanah agama bukan sekadar amanah negara,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang hadir membuka kegiatan, kemarin.

Baca Juga:Bencana Hidrometeorologi Masih MengancamSinggung Ketidaknetralan Pemerintah, Anies Baswedan: Jadi Tidak Perlu Ada Intervensi

Intinya, kata Fahmi, kegiatan itu bukan sekadar pelatihan. Lebih dari itu harus membuat kesepahamaan menjaga dan memelihara aset yang ada.

“Terlebih, barang milik daerah begitu penting karena menunjang operasional pemerintahan sehingga harus dikelola dengan baik,” tegasnya.

Bukan berarti tak ada kendala dalam pengelolaannya. Beberapa kendala yang dihadapi di antaranya terkait penaksiran aset sebelum dilakukan proses penghapusan.

“Sehingga kami berharap betul aset di pemda ditaksir terlebih dulu sebelum dilakukan penghapusan karena berbagai kondisi,” tuturnya.

Kehadiran KPKNL diharapkan mampu meningkatkan kualitas kompetensi para aparatur pada bidang pengelolaan aset. Harapannya peserta pelatihan fokus agar para penaksir diberikan kemampuan ketika melakukan pelatihan.

“Ke depan kami akan membentuk tim penaksir barang milik daerah sesuai dengan ketentuan undang undang yang berlaku. Bagaimana penahaman tepat dan terukur dalam mengelola aset,” pungkasnya.

Perwakilan KPKNL Bogor Lidyasari menambahkan, momen ini merupakan terobosan dalam pengelolaan barang milik daerah melalui kegiatan diklat.

Baca Juga:Fadli Zon Jawab Adian Napitupulu Usai Ledek PrabowoMegawati Intruksikan Seluruh Kader Pasang Bendera PDIP di Halaman Rumah

“Targetnya ada transfer pengetahuan peningkatan kinerja pelayanan dalam pengelolaan aset,” katanya.

Kegiatan kolaboratif ini bertujuan agar pengurus barang berperan aktif dalam pengeolaan barang milik daerah. Intinya KPKNL memberikan apresiasi kepada pemkot yang menggelar bimtek. (rls)

0 Komentar