Permasalahan Sampai di Pantai Loji tak Pernah Kunjung Selesai

Permasalahan Sampai di Pantai Loji tak Pernah Kunjung Selesai
0 Komentar

SIMPENAN,SUKABUMIEKSPRES – Permasalahan Sampah di Pantai Talanca Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi hingga sampai saat ini tak kunjung usai.

Pantauan dilapangan, tumpukan sampah terlihat di sempanjang Pantai Talanca, mulai dari sampah kayu, serabut juga sampah rumah tangga menjadi gunungan yang tak sedap di pandang.

BACA JUGA: Pengelolaan Sampah Butuh Inovasi dan Kolaborasi

“Sebetulnya kalau bicara masalah sampah, karena ini dekat pantai dan Dua muara, pertama muara Cidadap, kedua muara Cimandiri. Tak akan pernah ada selesainya,” kata Kepala Desa Loji, Papang Suherlan, saat ditemui awak media, Selasa (16/5/23).

Baca Juga:Sekda Buka Bimtek Penyusunan Produk Hukum DaerahBupati Tinjau Rencana Pembangunan Jalan Alternatif Pamuruyan-Kebonrandu

Papang menjelaskan, tumpukan sampah yang terjadi di Pantai Talanca memang cukup lama. Berbagai upaya sudah pernah dilakukan, bahkan pengajuan break water untuk di muara Cidadap.

“Upaya bersih bersih sudah beberapa kali dilaksanakan, kita pun bekerja sama dengan PLTU. Termasuk rencana pembangunan break water,” jelasnya.

“Kalau dipasang break water mungkin akan sedikit pengurangan karena berimbang, mungkin sampahnya itu sendiri ketengah, tak seperti hari ini ke sebelah sini,” terangnya

BACA JUGA: Pemilik Warung di Pantai Bersihkan Sampah Wisatawan

Masih kata Papang, sampah tersebut buangan dari dua sungai, sudah kelaut di bawa ombak kembali akhirnya ke pinggir, apalagi di muara ini.

“Usulan dari desa sendiri sudah dilakukan, sudah diupayakan terkait dengan masalah ini, kita juga ada Bumdes disini, bahwa awal mula sampah yang jadi masalah nanti mungkin juga jadi berkah.

Akhirnya si sampah sampah termasuk kayu dan lain sebagainya ada diolah atau di daur ulang,” tandasnya (MG3)

0 Komentar