Pemkab Cari Solusi Tangani Persoalan Sampah di Pantai Talanca

Pemkab Cari Solusi Tangani Persoalan Sampah di Pantai Talanca
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMIEKSPRES – Persoalan sampah yang menumpuk di Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, seperti tak pernah berakhir. Kali ini, penanggulangannya mendapatkan perhatian dari Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bagian SDA Setda Kabupaten Sukabumi, Prasetyo mengatakan, iabakan menyelesaikan persoalan tersebut sedikit demi sedikit.

BACA JUGA: Kapolres Kunjungi Pantai Palanca yang Viral dengan Tumpukan Sampah

Baca Juga:Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Segera Panggil Disdik, Terkait Kasus Siswa Kelas 2 SD yang Tewas Kroyok Kakak KelasCalon Haji Kota Sukabumi Siap Berangkat

“Tadi kita coba usulkan pengadaan alat khusus untuk mengangkut sampah di sungai. Kita belum punya selama ini, itu mungkin salah satu solusinya. Kami belum laporkan kepada pimpinan hasil Rakor tadi,” terang Prast saat rapat koordinasi dengan perangkat daerah lainnya, Selasa (23/5).

Dia mengatakan, solusi jangka panjang juga disiapkan. Yakni dengan memberdayakan desa-desa yang dilalui aliran sungai melalui edukasi meningkatkan kesadaran masyarakatnya agar tidak membuang sampah ke sungai.

“Mungkin sosialisasinya belum merata. Sebetulnya itu menjadi kewenangan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat. Tadi belum ikut hadir. Penanganan sampah Pantai Talanca ini akan berdampak ke pantai lainnya. Kita coba solusi jangka pendek, menengah, dan panjang nantinya,” jelasnya.

Penanganan jangka pendek, kata Prast, yakni dengan menangani sampah di hilir aliran sungai Cimandiri di Loji. Pihaknya memastikan akan memeriksa lapangan pada Kamis mendatang. Maping akan dilakukan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

Sampahnya sudah hampir 200 ton dengan panjang mencapai 2 kilometer dan tinggi 1 meter. Itu hitungan kasar kami ya,” ujarnya.

Ia menyebut, tugas pokok penanggulangan sampah berada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Namun ia menyadari, tak mungkin hal seperti itu mampu ditangani hanya dengan satu perangkat daerah.

“Penanggulangan sampah di pantai lain juga akan kami samakan. Akan kami buat semacam surat edaran atau peraturan Bupati yang mengatur penganggaran dan perencanaan serta pengadaan yang jelas. Kita akan lakukan itu,” jelasnya.

BACA JUGA: Pengelolaan Sampah Butuh Inovasi dan Kolaborasi

Baca Juga:Ketua HNSI: Hari Nelayan Ajang Lestarikan Sumber Daya PerikananBerdaya Saing dengan Mengemas Produk Lebih Menarik

Selain itu, Prast menegaskan, berencana akan kembali mem-fungsikan kembali Bank Sampah di desa-desa yang sempat berjalan. Peran DLH terhadap keberlangsungan Bank Sampah sangat vital.

0 Komentar