DKP3 Awasi Penyembelihan Hewan Kurban di 350 Lokasi

DKP3 Awasi Penyembelihan Hewan Kurban di 350 Lokasi
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Sebanyak 350 lokasi di Kota Sukabumi akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1444 Hijriyah.

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Wilayah VI Jawa Barat akan melakukan pengawasan di lokasi-lokasi tersebut.

“Pengawasan nanti dilakukan agar penyembelihan hewan kurban memenuhi syariat Islam dan sesuai dengan standar aman, utuh, sehat, dan halal,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat membuka kegiatan bimbingan teknis (bimtek) terpadu hewan kurban yang digelar DKP3 Kota Sukabumi di Balai Kota, Jumat (16/6). Kegiatan diikuti 73 orang pengawas kurban tingkat kelurahan.

Baca Juga:Wali Kota: Waspadai Kondisi Cuaca Ekstrem!Bangunan SDN Genteng Terancam Ambruk

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Adrian Hariadi, mengatakan pada pemantauan nanti akan dilakukan pula pemeriksaan antemortem dan postmortem.Tujuannya untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dan layak dikonsumsi.

“Kami akan membentuk tim pemantauan dan pengawasan ke lokasi-lokasi penyembelihan hewan kurban,” kata Adrian.

Adrian menyebut hasil pemantauan peredaran hewan ternak yang dilakukan di beberapa tempat penjualan hewan kurban, ditemukan empat ekor sapi yang terserang Lumpy Skin Disease (LSD).

Setelah dilakukan perawatan, dua ekor hewan tersebut telah dinyatakan sehat.

“Sedangkan dua ekor lainnya masih dalam isolasi dan penanganan tim kesehatan,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar