Tampung Kreatifitas Anak Muda Ridwan Kamil Resmikan Pasar Kreatif Jabar

Tampung Kreatifitas Anak Muda Ridwan Kamil Resmikan Pasar Kreatif Jabar
0 Komentar

 

BACAJUGA: Dua Pekan Berlalu, Identitas Mayat Perempuan di Cisolok Belum Ditemukan

“Jadi selain dikembangkan ke belakang, (Pasar Kreatif Jawa Barat) ini, kita motivasi kota kabupaten untuk mempunyai skala kecil oleh kebijakan Bupati walikota nya masing-masing,” tutup Kang Emil.

Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan Noneng Komara Nengsih mengucapkan, Grand launching Pasar Kreatif Jabar ini merupakan tahap pertama. Masih ada beberapa tahap lagi karena banyak tersedia lahan luas yang bisa dimaksimalkan untuk memajang karya kreatif Jabar sesuai misi Gubernur Ridwan Kamil.

Baca Juga:Rekomendasi Speaker Aktif Untuk Gaming Dengan Kualitas Suara Yang RealistisSpeaker Aktif Robot RS 200 Desain Futuristik Dengan Harga Yang Murah

“Ini baru tahap awal, baru 32 tenan yang ada saat ini. Sudah ada yang menempati, semuanya dari UMKM,” ujar Noneng usai peresmian di kantornya (7/7).

Pasar Kreatif Jabar terletak di daerah Cikutra, merupakan aset yang dimiliki oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, namun akan dikelola oleh PT Jaswita, salah satu BUMD milik Pemdaprov Jabar.
“Itu aset Indag, tetapi ada penugasan pengolahannya ke Jaswita supaya lebih profesional. Harapannya kita memperoleh profit,” kata Noneng.

BACAJUGA: Renovasi JIS Tuai Polemik, DPRD: Jangan Nyinyir

Pembangunan Pasar Kreatif Jabar akan terus berlanjut karena diproyeksikan sebagai pusat wilayah ekonomi kreatif. Dengan harapan pelaku UMKM dan juga industri kreatif dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lowongan pekerjaan yang lebih banyak.

“Jawa Barat memiliki kontribusi 20,73 persen terhadap PDB ekonomi kreatif nasional, banyak menyerap tenaga kerja, tapi belum memiliki pusat ekonomi kreatif yang representatif,” ungkapnya. Noneng menambahkan, Pasar Kreatif Jabar merupakan komitmen Gubernur Ridwan Kamil dan Pemdaprov Jabar untuk mempertemukan supply dan demand ekonomi kreatif.

Dalam rangka mendukung perkembangan bisnis kreatif di Jabar, pemerintah juga menyediakan berbagai program pendampingan dan bantuan bagi para pelaku usaha. Ini termasuk pelatihan, pembinaan, serta fasilitas pendukung seperti ruang kerja bersama dan akses pasar yang lebih luas.

Pasar Kreatif Jabar adalah langkah nyata pemerintah daerah dalam mendorong dan mendukung industri kreatif. Melalui inisiatif ini, anak muda Jawa Barat memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka, serta menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat memperkaya budaya dan ekonomi daerah.

0 Komentar