Cara Memilih Furniture Kayu Jati yang Asli dan Berkualitas

Cara Memilih Furniture Kayu Jati yang Asli dan Berkualitas
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Bagi Anda yang suka dengan furniture kayu jati perlu cermat saat sedang memilihnya. Sebab di pasaran ada juga banyak mebel yang serupa namun kualitasnya jauh berbeda.

Kelebihan dari kayu jati dibanding dengan kayu lainnya yaitu memiliki daya tahan yang lama tanpa perlu takut dimakan rayap.

Selain itu, perawatannya pun juga mudah dan tahan terhadap perubahan cuaca. Jika ingin memiliki furniture kayu jati untuk hunian Anda, pastikan berasal dari kayu jati Jepara yang sudah dikenal hingga kalangan internasional. Lantas, bagaimana cara memilih furniture dari kayu jati yang berkualitas?

5 Cara Memilih Furniture Kayu Jati Asli

1. Finishingnya Halus dan Bagus

Baca Juga:Targetkan UHC, Hak Dasar Kesehatan Masyarakat Harus TerpenuhiLakukan Penilaian Lomba PHBS LBS

Tampilan furniture dari kayu jati yang berkualitas dan asli bisa dilihat dari finishing yang terlihat bagus dan mulus dari sisi tekstur permukaannya halus saat dipegang maupun pewarnaan yang merata di seluruh bagian. Semua pori-pori kayu juga dipastikan tertutup finishing. Yang tidak kalah penting juga adalah lapisan finishing yang dibuat cukup tebal.

2. Alur Serat yang Jelas Terlihat

Keunikan dari furniture kayu jati yang disukai oleh penggemar perabotan adalah ciri khas dari  adanya serat-alami yang begitu jelas terlihat di permukaan dan membentuk alur yang lurus dan tersusun padat serta rapat. Selain itu, bagian mata kayunya jelas terlihat. Hal ini bisa menambah estetika desainnya.

3. Kayu Jati Identik dengan Warna Gelap

Aslinya kayu jati berwarna coklat gelap atau coklat kehitaman. Cukup dipercantik dengan finishing warna transparan, maka tampilan furniture yang berasal dari kayu jati akan langsung mewah dan sangat memikat. Anda harus tahu jika ditawari furniture yang terbuat dari kayu yang berwarna coklat muda atau coklat cerah itu bukanlah kayu jati asli.

4. Pastikan di Setiap Permukaan Furniture Kayu Jati Tidak  Banyak Lubang

Salah satu risiko memilih furniture dari kayu jati adalah terdapat lubang-lubang kecil yang ada di permukaannya. Kalau sampai tidak cermat memilih, Anda berisiko akan mendapat mebel yang banyak lubang. Lubang ini artinya ada indikasi banyak serangga seperti rayap di dalamnya yang bisa menggerogoti kayu.

0 Komentar