Cegah Potensi Tanah Longsor

Cegah Potensi Tanah Longsor
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Salah satu Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) di RW 08 Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi dimanfaatkan warga mencegah terjadinya bencana longsor. Warga membangun tembok penahan tanah (TPT).

BACA JUGA: P2RW di Kelurahan Tipar Bangun SAB dan Posyandu

Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kelurahan Cikundul, Idun Saepudin, menerangkan untuk mengantisipasi potensi bencana longsor di RW tersebut, masyarakat menggunakan dana P2RW untuk membangun TPT. Pembangunan ini menurutnya sangat dibutuhkan karena di lokasi rawan longsor terdapat beberapa rumah milik warga.

Baca Juga:Geopark di Sukabumi Tularkan Energi Positif bagi Daerah LainPetugas Gabungan Tangkap Anggota Geng Motor

“Yang sangat dibutuhkan di antara 10 RW berada di RW 08 karena ada rumah warga di pinggir selokan. Tentunya rawan longsor. Makanya dana P2RW digunakan membangun TPT sekaligus rabat beton jalan gang,” kata Idun, kemarin (17/7).

BACA JUGA: Penanganan Longsoran di Ruas Jalan Nasional

Ketua RT 02, Abdulrahman, mengungkapkan P2RW di wilayahnya selain digunakan untuk membangun rabat beton dan TPT, dimanfaatkan pula untuk merehabilitasi lapang bola voli yang hingga saat ini pengerjaannya baru mencapai 80 persen.  

“Pertama rehabililitasi lapang bola voli di RT 02, kemudian pembangunan gang dan rabat beton dan TPT di RT 01. Alhamdullilah saat ini rabat beton dan TPT sudah selesai dan lapang bola voli sudah mencapai 80 persen. Insya Allah beberapa hari ke depan bisa diselesaikan,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan dengan telah meningkatnya kualitas jalan sangat mendukung mobilitas warga yang mayoritas bekerja di sektor pertanian.

BACA JUGA: Banjir dan Longsor Terjang Kota Sukabumi

“Membantu mobilitas penduduk untuk mengangkut hasil pertanian karena di sini daerah persawahan. Otomatis penduduk yang bertani transportasi hasil pertanian bisa menggunakan gang, termasuk mengangkut pupuk dan lainnya,” ujarnya. (ist)

0 Komentar