Tuntaskan Kesejahteraan Sosial, Wali Kota Sukabumi: Pemkot dan PSM Harus Berkolaborasi

Tuntaskan Kesejahteraan Sosial, Wali Kota Sukabumi: Pemkot dan PSM Harus Berkolaborasi
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, menyatakan, menuntaskan masalah sosial di masyarakat, diperlukan pemkot dan PSM harus berkolaborasi

Hal itu disampaikan Fahmi, saat menghadiri perayaan HUT ke-48 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang berlangsung di halaman kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi belum lama ini.

“Penyelesaian persoalan kesejahteraan sosial tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pilar sosial, salah satunya adalah PSM,” kata Fahmi.

Baca Juga:Pemkot Sukabumi Merespon Cepat Peristiwa Kebakaran Hebat di LembursituMKKS Pastikan tak Ada Praktik Pungli dan Gratifikasi

Dalam peringatan HUT ke-48 tersebut, dia juga berharap, agar PSM dapat membangun kebersamaan dengan pilar sosial lainnya, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSK), Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Karang Taruna, dan lain sebagainya.

“Kebersamaan antar pilar sosial tersebut dapat mendorong pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Aparatur termasuk RT dan RW harus siap memberikan pelayanan terbaik secara 24 jam, tanpa membatasi waktu, demi kesejahteraan warga masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Punjul Saepul, juga menyampaikan pentingnya peran PSM dalam membantu dinas sosial melakukan identifikasi dan penanganan permasalahan sosial.

PSM juga menjadi jembatan antara masyarakat yang membutuhkan bantuan kesejahteraan sosial dengan SKPD dan sumber daya potensial lainnya.

Dia menekankan bahwa peran PSM sangat signifikan, dan diharapkan manfaatnya akan semakin dirasakan oleh masyarakat dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Oleh karena itu, pihak dinas akan terus memberikan dukungan baik berupa sarana prasarana, pengembangan kapasitas SDM PSM, maupun pengembangan organisasi mereka untuk meningkatkan profesionalisme.

“Penting bagi PSM untuk bersinergi dengan kecamatan dan kelurahan, karena mereka dapat menjadi kekuatan bagi lurah dan camat dalam menangani masalah sosial di wilayah mereka,” ujarnya.

Baca Juga:Wali Kota Sukabumi Doa Bersama Sambut Tahun Baru IslamEmpat Perempuan Terlibat Dugaan TPPO

Sinergitas, kolaborasi, dan upaya bersama antara berbagai pihak, termasuk PKH, TAGANA, TKSK, dan PSKS, akan memperingan tugas semua pihak dalam menangani masalah sosial di wilayah tersebut.

0 Komentar