Ketua RW Minta Anggaran P2RW Ditingkatkan

Ketua RW Minta Anggaran P2RW Ditingkatkan
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Pemerintah Kota Sukabumi mengucurkan dana Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) sebesar Rp375 juta bagi 15 RW di Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole. Dana tersebut di antaranya dimanfaatkan masyarakat membangun posyandu, perbaikan jalan, dan pembangunan tembok penahan tanah (TPT).

BACA JUGA: Setiap RW di Nanggeleng Tuntaskan P2RW

Sekretaris Kelurahan Subangjaya, Kamal Jaya, mengatakan dianggarkannya dana P2RW sebesar Rp375 juta mendapat dukungan dana swadaya masyarakat. Dikalkulasi, dana swadaya masyarakat terkumpul sebesar Rp125 juta.

“Alhamdulillah, dari seluruh Program Pemberdayaan Rukun Warga P2RW, hampir 80 persen sudah dilaksanakan dan sisanya sebesar 20 persen belum diselesaikan. Kebanyakan dialokasikan membangun jalan, sebagian posyandu, dan sarana lainnya. Insya Allah dua pekan ke depan bisa selesai 100 persen,” kata Kamal, kemarin (20/7).

Baca Juga:Pembangunan Jalur Pedestrian Rampung pada AgustusPolisi Ringkus Pelaku Spesialis Pembobol Rumah Kosong

Di RT 10 RW 14 dana P2RW sebagian digunakan untuk perbaikan kantor sekretariat RW yang difungsikan sebagai gedung serbaguna. Ketua RT 10, Budi, mengatakan perbaikan yang dilakukan meliputi pemasangan kanopi dengan panjang sekitar 11×5,5 meter. Ia pun berharap anggaran P2RW bisa meningkat pada tahun mendatang.

BACA JUGA: Pembangunan Jalur Pedestrian Rampung pada Agustus

“Kalau melihat anggaran P2RW itu tidak mencukupi. Ini diselesaikan dengan anggaran sekitar Rp30 jutaan. Sisanya kita tambah dari partisipasi masyarakat. Diharapkan memang anggarannya bisa meningkat,” jelasnya.

Ketua RW 11, Juwita, menjelaskan di wilayahnya, dana P2RW dari Pemerintah Kota Sukabumi digunakan untuk tiga jenis pekerjaan yakni pembuatan TPT, merenovasi posyandu, dan membangun tempat penampungan sementara (TPS).

“Alhamdulillah dari anggaran Rp25 juta ada tiga titik yang dikerjakan yakni rehab Posyandu, TPS, dan talud atau TPT yang di RT 1 hingga RT 3. Tinggi talud sekitar 5 meter dengan lebar 7 meter,” jelasnya.

BACA JUGA: P2RW di Kelurahan Tipar Bangun SAB dan Posyandu

Ketua RW 02, Tatang, menerangkan swadaya masyarakat yang digunakan pihak RW untuk membantu pelaksanaan P2RW adalah sekitar Rp50 juta dengan jenis pekerjaan yakni pengecoran jalan. Ia pun menyampaikan harapan yang sama yakni penambahan anggaran P2RW oleh Pemerintah Kota Sukabumi.

0 Komentar