Dukungan Jokowi Dinilai Pengaruhi Elektabilitas Prabowo

Dukungan Jokowi Dinilai Pengaruhi Elektabilitas Prabowo
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai berpengaruh secara signifikan terhadap elektabilitas Calon Presiden (Capres) dari Partai Gerindra itu.

Terbukti dari beberapa lembaga survei yang telah merilis data teranyarnya, Prabowo selalu menempati peringkat teratas.

BACA JUGA: Prabowo Bakal Menang Jika Ganjar Dipasangkan dengan Sandiaga Uno

Baca Juga:Kelompok 05 KKN-T UMI Sukabumi Lakukan Pendampingan Sertifikasi HalalPemkab Apresiasi Peran KPM dalam Pencegahan Stunting

Seperti dipublikasikan dari Lembaga Survei Indonesia (LSI), Prabowo Subianto berhasil unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Prabowo berhasil mengantongi dukungan sebesar 35,8 persen, lalu Ganjar dengan 32,2 persen, dan Anies yang meraup suara sebesar 21,4 persen.

“Tidak bisa dimungkiri jika bayang-bayang dukungan Jokowi berpengaruh terhadap elektabilitas Prabowo,” kata Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan, dalam keterangan tertulis yang diterima, dikutip Minggu (30/7/2023).

Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan LSI periode 1-8 Juli 2023, tren elektabilitas Prabowo terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Pemimpin kepercayaan Presiden Jokowi ini berhasil menunjukkan penguatan mulai dari bulan Januari 2023 hingga Juli 2023.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Subianto Tak Tergoyahkan di Posisi Puncak

Pada bulan Januari 2023, Prabowo mengantongi elektabilitas sebesar 23,2 persen. Selang satu bulan berikutnya, tepatnya Februari 2023, elektabilitas Prabowo menanjak dengan total 26,7 persen.

Kemudian, pada April 2023, elektabilitas Prabowo kian menguat ke angka 30,3 persen. Hingga pada akhirnya, makin kokoh di angka 35,8 persen pada Juli 2023.

Tak hanya itu, Yusak melanjutkan, banyak faktor yang membuat elektabilitas Prabowo konsisten menguat dari awal tahun 2023 hingga Juli 2023. Faktor lain di samping dukungan dari Presiden Jokowi adalah perubahan gaya berkomunikasi politik Prabowo.

Baca Juga:Diduga Pengadaan Antropometri Ada Kecurangan, FPP Demo DinkesPaguyuban Padjadjaran Anyar Hadirkan Seni Budaya Nusantara

“Faktor lain adalah style komunikasi politik Prabowo yang sudah mulai transformatif,” terang Yusak. 

Perubahan gaya komunikasi politik itu, sambung Yusak, ditengarai menjadi faktor kuat elektabilitas menteri andalan Presiden Jokowi itu kian kokoh di peringkat teratas.

Selain itu, Prabowo akhir-akhir ini lebih intens berkomunikasi dengan bahasa-bahasa rakyat dan terjun langsung menyapa masyarakat di akar rumput.

BACA JUGA: Survei Indikator Sebut 49,3 Persen Pemilih Jokowi pada 2019 Dukung Ganjar

“Saat ini, Prabowo terlihat lebih intens berkomunikasi dengan bahasa-bahasa rakyat. Inilah yang membuat Prabowo diterima juga di kalangan akar rumput. Jadi, panggung politik akar rumput tidak lagi didominasi Ganjar,” pungkas Yusak.

0 Komentar