Dipicu Kemarau, Harga Beras Mulai Naik

Dipicu Kemarau, Harga Beras Mulai Naik
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES–  Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Kota Sukabumi terpantau naik. Satu diantaranya harga beras naik.

Data Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) setempat, komoditas yang harganya naik yaitu beras Ciherang Cianjur 1 naik dari Rp12.500 menjadi Rp12.800 per kilogram, beras Cianjur ll dari Rp12.200 menjadi Rp12.500 per kg, dan beras Ciherang Sukabumi dari Rp12 ribu menjadi Rp 12.200 per kg.

BACA JUGA: Dinsos dan PSM Bagikan Beras untuk Warga Kurang Mampu di Kota Sukabumi

Baca Juga:Oknum ASN Terjerat Kepemilikan SabuHUT ke-78 jadi Momen Istimewa

Kemudian harga beras Premium kelas I juga naik dari Rp11 ribu jadi Rp12 ribu per kg dan beras medium kelas I dari Rp10.800 menjadi Rp11 ribu per kg. 

“Jadi pantauan kami di Pasar Pelita dan Tipar Gede pada Rabu (16/8), harganya terpantau naik,” kata Kasi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, kemarin (17/8).

Faktor penyebab naiknya salah satunya faktor cuaca. Saat ini sudah memasuki musim kemarau serta para petani belum memasuki masa panen.

“Faktor ini yang menyebabkan harga beras naik,” ucapnya.

BACA JUGA: Harga Beberapa Komoditas Beras Terpantau Naik

Adapun langkah Diskumindag di antaranya akan berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) dan Bulog untuk mengatasi persoalan naiknya harga beras serta memastikan stoknya aman. 

“Jadi sekarang ini Bulog sudah mengucurkan beras medium ke para pedagang beras di Kota Sukabumi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Gelar Pangan Murah Upaya Tekan Inflasi

Sementara untuk Bapokting lainya hingga saat ini masih tergolong normal. Di antaranya minyak goreng, garam, terigu, cabai, bawang putih dan merah, serta gula pasir. Fluktuasi harga masih dalam batas kewajaran serta ketersediaan masih tergolong aman dan lancar. (mg4)

0 Komentar