Antisipasi Pemilu 2024, Polres, TNI dan unsur Pemda Gelar Simulasi Pengamanan

Antisipasi Pemilu 2024, Polres, TNI dan unsur Pemda Gelar Simulasi Pengamanan
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Polres Sukabumi menggelar simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Jalan Jajaway Kecamatan Palabuhanratu atau tepatnya di depan Kantor DPRD Kabupaten Sukabumi, Rabu, (30/8). 

Simulasi ini menerjunkan sebanyak 531 Personil gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Brimob. Dilengkapi dengan beberapa kelengkapan lainnya, seperti kendaraan Water Canon dan Tembakan Gas Air Mata untuk mengamankan unjuk rasa saat penghitungan suara yang dimungkinkan akan terjadi saat Pemilu 2024.

BACA JUGA: Bawaslu Kota Sukabumi Beberkan Soal Pelanggaran Pemilu

“Pada hari ini saya didampingi unsur Forkompimda sama sama melihat bagaimana simulasi yang dilaksanakan tim gabungan, baik itu dari unsur TNI, Polri dan pemerintah daerah,” ujar Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede kepad sejumlah media.

Baca Juga:Gali Potensi Wisata di Geopark CiletuhPentas Seni dan Karnaval di Kelurahan Cipanengah Berlangsung Meriah

Simulasi dilakukan sesuai peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian, ingin memastikan bahwa apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapan oleh anggota ini sudah tahu.

“Tadi sudah disampaikan oleh pak bupati bahwa tahapan tahapan ini sudah terlihat sangat rill, memang kita meminta untuk dilaksanakan seperti hal terjadi sebenarnya. Jangan sampai pada saat latihan kita tak siap, atau tidak serius sehingga pada saat pelaksanaan terjadi kontigensi kita tidak tahu,”terangnya

BACA JUGA: KPU Bersama Forkopimda dan 18 Parpol Gelar Deklarsi Damai Pemilu 2024

“Siapa berbuat apa, bertanggung jawab kepada siapa, tidak ada yang jelas oleh karena itu kami minta ini dilaksanakan dengan serius dengan simulasi bahwa ini benar benar terjadi di kantor DPRD Kabupaten Sukabumi dan hasilnya Alhamdulillah. Kami yakin unsur Forkompimda berpandangan Polres, TNI dan pemerintah daerah siap untuk memberikan jaminan apabila terjadi kontigensi di pemilu 2024, namun harapannya itu tidak terjadi,” tandasnya

Sementara Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengakui, bahwa acara Sispamkota yang dilakukan oleh Polres Sukabumi dinilai sangat luar biasa. Karena itu, Sispamkota Kab. Sukabumi siap ciptakan pemilu aman dan kondusif.

“Ini sangat luar biasa, sehingga sejatinya tidak kelihatan mana latihan mana samulasi, ini terlihat asli seperti sedang terjadi demikian,” terang Wabup.

0 Komentar