BPBD Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana bagi Aparatur

BPBD Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana bagi Aparatur
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi terus meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Tujuannya untuk merespons cepat dan kemampuan dasar bencana bagi aparat dan warga sehingga bisa siap dan sigap serta terampil menangani bencana.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan pelatihan terhadap warga dari wilayah prioritas kecamatan dan kelurahan tangguh bencana yang sudah terbentuk.

“Dengan begitu nantinya para personel yang dilatih siap dan siaga dalam menghadapi bencana,” ujar Zulkarnain kepada wartawan, kemarin (5/9).

Baca Juga:Wali Kota Sukabumi Salurkan Donasi Bagi Anak Pengidap Gagal JantungGudang Penyimpanan Ikan Asin Ludes Terbakar

Pada pelatihan kesiapsiagaan tersebut warga diberikan materi pencegahan dan mitigasi bencana. Di antaranya teori dan praktik dasar risiko bencana serta urban disaster yang sering terjadi di Kota Sukabumi.

“Para peserta terbagi dalam praktik urban SAR, radio komunikasi bencana, serta pertolongan kepada korban yang selanjutnya disimulasikan sebagai pemantapan pelatihan,” ungkapnya.

Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah yang memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana cukup tinggi.

Karena itu diperlukan kemampuan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi yang dapat mengurangi tingkat resikonya.

Zulkarnain berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat menekan risiko bencana yang kerap terjadi di Kota Sukabumi.

“Terlebih saat musim kemarau kami minta agar warga lebih waspada terhadap potensi bencana yang dapat terjadi,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar