Wali Kota Sukabumi Salurkan Donasi Bagi Anak Pengidap Gagal Jantung

Wali Kota Sukabumi Salurkan Donasi Bagi Anak Pengidap Gagal Jantung
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan bantuan donasi kepada FN (8), bocah penderita gagal jantung, warga Jalan Dwikora Kampung Cipoho RT 06/03 Kelurahan/Kecamatan Warudoyong, Senin (4/9). Bantuan yang disalurkan sebesar Rp 10.501.690 merupakan donasi yang terkumpul dari Udunan Online.

“Udunan Online merupakan platform digital bagi donatur personal maupun organisasi untuk membantu sesama yang membutuhkan,” ujar Fahmi.

Dengan Udunan Online, kata Fahmi, harapannya agar semakin banyak orang yang dapat terbantu dengan mudah, cepat, dan transparan. Fahmi mencontohkan kasus yang dialami FN misalnya, ia memerlukan bantuan karena divonis mengidap penyakit tidak berfungsinya ginjal sebelah kiri.

Baca Juga:Gudang Penyimpanan Ikan Asin Ludes TerbakarWali Kota Sukabumi jadi Tokoh Literasi Digital Daerah

Penyakit tersebut diketahui sekitar 10 bulan yang lalu karena FN mengalami sakit pada bagian perut sehingga harus mendapatkan penanganan di RSUD Syamsudin SH.

Kemudian FN harus dirujuk ke RSHS Bandung. Ia dirawat selama dua bulan dan harus menjalani pengangkatan ginjal sebelah kiri.

Operasi pun berjalan lancar. Tetapi setelah itu FN harus berobat jalan dan didiagnosa mempunyai penyakit lain yaitu heart failure (gagal jantung).

Untuk biaya berobat orangtua FN cukup kesulitan walaupun memiliki BPJS hasil pengajuan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) setempat. Ayahnya merupakan seorang sopir angkot. Selama ini orangtua FN menyewa rumah berukuran 3×4 meter persegi.

“Masalah kesehatan dan infrastruktur ada yang bisa dibantu pemerintah daerah secara langsung, tapi ada situasi tertentu tidak dapat dibantu langsung dengan berbagai pertimbangan,” ujar Fahmi.

Kalaupun bisa dibantu, kata Fahmi, tapi prosesnya membutuhkan waktu yang lama. Misalnya ada rumah rusak tapi tidak bisa langsung karena harus berbasiskan perencanaan.

Atas dasar itu, kata Fahmi, tercetus Udunan Online dengan harapan mampu mempercepat membantu kesulitan dan kebutuhan masyarakat berbasis kebersamaan masyarakat.  Setiap Jumat aparatur Pemkot Sukabumi menggerakkan Jumat Berkah yakni para PNS berdonasi melalui udunan Online.

Baca Juga:Stok Beras Aman di Tengah Naiknya HargaPegawai Honorer ‘Sunat’ Dana PIP, Bantuan Dipotong 35 Persen

“Bantuan dari Udunan Online diterima utuh penerima sesuai nilainya. Tidak ada potongan apapun. Semoga bermanfaat,” pungkas Fahmi. (rls)

0 Komentar