Harga Beras Premium Bertahan di Kisaran Rp14 Ribu

Harga Beras Premium Bertahan di Kisaran Rp14 Ribu
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Harga berbagai komoditas harga beras di Kota Sukabumi relatif masih cukup stabil. Namun harganya cenderung naik dibanding sebelumnya.

Berdasarkan data Dinas Koperasi Usaha Kecil Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) setempat, untuk beras jenis premium harganya di kisaran Rp14 ribu, jenis medium kisaran Rp13 ribu per kilogram, Ciherang Cianjur I di kisaran Rp14 ribu per kg, Ciherang Cianjur II kisaran Rp13.500 per kg, dan Ciherang Sukabumi kisaran Rp13.500 per kg.

“Hasil monitoring kami di lapangan, hari ini (Selasa) untuk harga semua jenis beras masih seperti kemarin (Senin),” kata Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, Senin (19/9).

Baca Juga:Kejari Hentikan Perkara PenganiayaanPenjabat Walkot Punya Tugas Jaga Kondusivitas

Rifki tak memungkiri harga beras saat ini relatif naik dibandingkan sebelumnya. Faktor utama penyebab naiknya harga beras dipicu kondisi cuaca.

“Tersendat pasokan karena beberapa daerah penyuplai mengalami gagal panen,” terangnya.

Sementara itu, luasan areal sawah di Kota Sukabumi yang terdampak kekeringan diperkirakan sekitar 120 hektare. Lahan tersebut mengalami gagal panen akibat kurangnya pasokan air.

Lahan pertanian terdampak kekeringan berada di Kecamatan Baros, Cibeureum, dan Lembursitu. Ketiga daerah ini menjadi sentra pertanian di Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Adrian Hariadi, menuturkan akan mempercepat penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

Upaya tersebut merupakan tindak lanjut kondisi gagal panen lahan pertanian.

“Kami antisipasi kekurangan pasokan beras dengan bantuan CPPD,” kata Kepala Dinas KP3 Kota Sukabumi Adrian Hariadi kepada wartawan, belum lama ini.

Bantuan beras CPPD sudah disalurkan ke beberapa kelurahan yang terdampak kekeringan. Di antaranya penyaluran di Kelurahan Sudajayahilir Kecamatan Baros.

“Mudah-mudahan bantuan beras CPPD ini bisa membantu,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar