Masyarakat Simpenan Syukuran Hari Nelayan dengan Tradisi Larung Sesaji

Masyarakat Simpenan Syukuran Hari Nelayan dengan Tradisi Larung Sesaji
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRESMasyarakat Nelayan di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi menggelar syukuran hari nelayan untuk pertama kali nya. Kegiatan ini merupakan tradisi bagi para nelayan, khususnya di Laut Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi. 

Dalam momen ini, terlihat ratusan masyarakat pun sangat antusias menyaksikan syukuran tersebut. Berbagai kegiatan pun digelar, misalnya pertandingan sepak bola pantai, khitanan masal, muhasabah, tablig akbar, upacara adat dan lainnya.

BACA JUGA: Bupati Sukabumi Imbau Nelayan Tegalbuleud Jaga Kekompakan

“Ini merupakan momen perdana para nelayan di Desa Sangrawayang melakukan syukuran, salah satu momen penting dalam syukuran ini adalah prosesi Larung Saji yang dilakukan sebagai bagian dari tradisi adat syukuran nelayan,” ujar Ketua Penyelenggara, Acis, Rabu (20/9). 

Baca Juga:Diskominfo Gelar Penyusunan Metadata Statistik SektoralBupati Sukabumi Jelaskan Rancangan Perubahan APBD TA 2023

Menurutnya acara ini bukan hanya sebagai ajang bersenang-senang, tetapi sebagai wujud syukur atas rezeki yang diberikan kepada para nelayan di Desa Sangrawayang.

BACA JUGA: Masyarakat Antusias Datangi Syukuran Hari Nelayan ke-26 Cisolok

Walaupun ini yang pertama, namun antusias masyarakat nampak terlihat apalagi saat prosesi larung saji.

Dengan semangat yang membara, syukuran nelayan Sangrawayang telah sukses dilaksanakan dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat yang mempererat tali persaudaraan dan memupuk rasa solidaritas di antara mereka.

BACA JUGA: Dispar Pamerkan Hasil Potensi UMKM, Ekraf dan Wisata Budaya di Stand Expo

“Semoga dengan adanya syukuran ini jalinan para nelayan semakin erat. Terlebih hasil tangkapnya semakin memuaskan,” tandasnya. (MG3) 

0 Komentar