Gema Afik, Cara Puskesmas Cikundul Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Gema Afik, Cara Puskesmas Cikundul Tingkatkan Kesehatan Masyarakat
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRESPuskesmas Cikundul bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Cabang Sukabumi menggelar Gerakan Masyarakat Beraktivitas Fisik (Gema Afik). Kegiatannya dilaksanakan di RW 03 Kelurahan Cipanengah pada Selasa (26/9).

Kepala Puskesmas Cikundul, Denna Yuliavina, menerangkan Gema Afik merupakan kegiatan rutin yang diadakan Puskesmas Cikundul. Kegiatannya kali ini dilaksanakan berbeda karena dirangkaikan dengan peringatan Hari Farmasi Dunia.

“Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pembagian 20 paket sembako bagi warga lansia serta disosialisasikan tata cara pengelolaan arsip atau dokumen keluarga,” kata Denna.

Baca Juga:Kelurahan Tipar Salurkan Beras CBP Tahap KeduaWujudkan Pembangunan melalui Forum Komunikasi

Gema Afik merupakan kegiatan yang bertujuan menyosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Fokus utamanya mengajak masyarakat terbiasa meluangkan waktu setiap hari minimal selama 20 menit untuk beraktivitas fisik.

“Kita sosialisasikan PHBS di tataran rumah tangga. Melalui Gema Afik lebih dititikberatkan pada gerakan bersama beraktivitas fisik. Selain gizi seimbang, masyarakat diajak beraktivitas fisik minimal 20 menit,” jelasnya.

Denna menegaskan kegiatan ini juga merupakan upaya pencegahan munculnya penyakit di masyarakat. Upaya tersebut dilakukan dengan screening kesehatan seperti melalui penimbangan berat badan serta pemeriksaan kolesterol.

“Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Sehingga, kita jemput bola kepada masyarakat untuk screening kesehatan. Tidak menunggu sakit dulu untuk ke Puskesmas tapi screening dulu dari mulai penimbangan berat badan, cek tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah serta kolesterol,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar