Pemkab Resmikan Gedung Promosi dan Pusat Pengembangan Produk IKM

Pemkab Resmikan Gedung Promosi dan Pusat Pengembangan Produk IKM
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Gedung Promosi dan Pusat Pengembangan Produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Jalan KH Anwari, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu diresmikan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, pada Rabu (27/09).

Bangunan ini berfungsi untuk peningkatan ekonomi, penciptaan nilai tambah, dan penyerapan tenaga kerja.

BACA JUGA: Gedung Promosi Pusat Pengembangan IKM Selesai Dibangun

Bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas 9000 meter persegi yang terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama merupakan ruang galeri dan tempat edukasi, lantai kedua produk-produk display IKM dan digital marketing, lantai tiga tempat pelatihan sekaligus mess

Baca Juga:Satpol PP Turut Serta Bantu Penurunan Stunting di NagrakSukseskan HJKS, Ratusan Orang Terima Penghargaan Sukabumi Award

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, gedung ini sangat bermanfaat dalam menunjang pemasaran produk-produk IKM dan membuka peluang usaha bagi masyarakat.

BACA JUGA: Diskumindag Fasilitas Sertifikasi Halal 78 Pelaku IKM

“Pemkab Sukabumi berkomitmen untuk terus berbenah dan meningkatkan pembangunan infrastruk ekonomi pasca covid-19, salah satu wujud nyata adalah pembangunan gedung ini,” jelasnya. 

Dia mengakui, selama ini Kabupaten Sukabumi kesulitan untuk mempromosikan produk UMKM. Namun dengan dibangunnya gedung ini dinilai akan mendongkrak pertumbuhan laju perekonomi masyarakat.

“Gedung ini akan memberikan harapan besar bagi masyarakat untuk mendorong potensi-potensi yang dimiliki. Baik pengembang sektor pertanian, peternakan, perikanan hingga kesenian,” ungkapnya.

BACA JUGA: Dongkrak UMKM dan Ekonomi Masyarakat Melalui Event Otomotif

Marwan meminta, jalan KH Anwari untuk diperlakukan secara efektif, apalagi pada saat akhir pekan maupun libur panjang, supaya mobilisasi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Palabuhanratu bisa melintasi jalur tersebut.

“Jalur ini memang belum termasuk jalur protokol, sehingga nanti diperlukan rekayasa arus lalulistas oleh Polres dan Dishub agar wisatawan bisa diarahkan pulang lewat sini,” imbuhnya. 

Dia berharap, pihak yang terlibat dalam pengelola gedung dapat menggunakan dan memeliharanya dengan baik, sehingga gedung promosi IKM dapat digunakan sesuai dengan fungsinya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca Juga:Peran Ulama dan Umaro harus Sinergis dalam Mewujudkan PembangunanKasus Stunting di Kabupaten Sukabumi Masih Tinggi

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dani Tarsoni, menambahkan, konsep bangunan ini adalah konsep go green. Dimana bangun tersebut terdapat beberapa kaca dan ventilasi udara. 

Dani berharap, dengan di bangunnya gedung promosi IKM di Kabupaten Sukabumi bisa menjadikan pusat pengembangan usaha pelaku UMKM, sehingga bisa menjadikan pelaku UMKM yang berbudaya dan berdaya saing. (mg3)

0 Komentar