Butuh Kolaborasi Pemerintah dan Swasta

Butuh Kolaborasi Pemerintah dan Swasta
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Butuh Kolaborasi Pemerintah dan Swasta, Organisasi nirlaba, Filantra, menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Kota Sukabumi yang terdampak kekeringan akibat kemarau panjang, kemarin (5/10). Kegiatannya dipusatkan di Kampung Caringin di Kecamatan Baros.

Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengapresiasi gerakan sosial tersebut. Menurut Kusmana, gerakan sosial ini sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan swasta yang berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan pasokan air bersih bagi masyarakat.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Jiwa Alami Krisis Air

“Air bersih merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Pemerintah dengan berbagai pihak akan melakukan kolaborasi untuk kepentingan masyarakat Kota Sukabumi,” kata Kusmana yang hadir pada kegiatan itu, kemarin.

Baca Juga:Puluhan Ribu Jiwa Alami Krisis AirFestival Tunas Bahasa Ibu Diikuti 98 Peserta

Kusmana menambahkan, program bantuan air bersih untuk warga Kota Sukabumi yang dilakukan Filantra merupakan suatu langkah signifikan menjawab tantangan kekeringan saat ini.

Pemerintah Kota Sukabumi akan terus berupaya keras untuk memastikan setiap warga memiliki akses mudah dan aman ke air bersih.

“Kemarau diprediksi masih akan berlangsung sampai akhir Oktober. Tugas kami memastikan warga harus mendapatkan akses air bersih yang cukup dan layak,” tuturnya.

Pada kesempatan itu didistribusikan sebanyak 16 ribu-32 ribu liter air bersih kepada ratusan keluarga di Kampung Caringin. Kusmana sekaligus juga mengedukasi masyarakat pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan air bersih.

Kusmana meminta perangkat daerah yang bersentuhan langsung dengan penyediaan air dapat memberikan solusi untuk mengantisipasi hal yang sama di masa mendatang.

“Saya mengajak semua pihak, baik itu pemerintah, organisasi masyarakat, maupun individu untuk mendukung program baik ini. Kita harus bersama-sama menjaga dan memelihara sumber daya air bersih. Juga harus belajar tentang cara menghemat air, menjaga kebersihan, dan merawat sumber daya alam kita,” pungkasnya.

Koordinator Filantra, Asep Nurdin, menyebutkan kolaborasi antara pemerintah dan organisasi nirlaba menjadi kunci untuk menciptakan hal-hal positif bagi masyarakat.

Baca Juga:Dishub Survei Gerakan Belok Kendaraan di PersimpanganKodim 0607 Siap Kawal Penyelenggaraan Pemilu 2024

Bantuan air bersih ini mendapatkan dukungan dari Launch Food, salah satu organisasi dari Amerika Serikat yang fokus terhadap pemenuhan ketersediaan air yang layak dikonsumsi masyarakat. (rls)

0 Komentar