Lahan di TPA Cikundul Terbakar

Lahan di TPA Cikundul Terbakar
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Tempat pembuangan akhir (TPA) Cikundul di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi terbakar, Minggu (22/10). Para petugas gabungan pun berupaya memadamkannya.

Berdasarkan informasi Dinas Satpol PP dan Damkar serta Dinas Lingkungan Hidup setempat, kebakaran yang terjadi di lokasi timbunan lama sampah terjadi sekitar pukul 12.30 WIB.

Para petugas dari Bidang Damkar dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi dibantu Damkar Kabupaten Sukabumi berupaya memadamkan sumber api.
Hampir 2,5 jam berjibaku, api akhirnya bisa dipadamkan.

Baca Juga:Polisi Pastikan Penyebab Kematian Warga Bogor akibat Kecelakaan LautTangani 41 Kasus Kekerasan Anak, Meliputi Perundungan dan Kekerasan Seksual

Munculnya api diduga akibat gas metana yang dihasilkan timbunan sampah dan sering meletup–letup. Gas itu kemudian berubah menjadi api. Kondisi ini diperparah pula dengan terpaan angin sehingga kebakaran sempat meluas.

Meski demikian, dengan pemadaman dari berbagai arah, api berhasil dikendalikan dan kebakaran dapat tertangani dengan baik. Salah satu langkah yang dilakukan dalam penanganan adalah melokalisasi api sehingga tidak mengancam permukiman sekitar TPA.

Mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang diwaktu yang akan datang, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Satpol PP dan Damkar akan berkolaborasi dalam pengawasan TPA Cikundul.

Selain itu diimbau pula kepada masyarakat agar mengelola sampah dengan baik dimulai dari rumah maupun lingkungannya masing–masing.

Sebab, timbunan sampah dapat menghasilkan gas metana. Terlebih cuaca panas yang masih terjadi saat ini dapat meningkatkan potensi kebakaran.

Masyarakat pun diimbau untuk mulai memilah sampah sejak dari rumah, agar timbunan sampah di TPA Cikundul dapat dikendalikan dan tidak melebihi kapasitas. (ist)

0 Komentar