Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi : Dongkrak Pembuatan KTP Pemula

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi : Dongkrak Pembuatan KTP Pemula
0 Komentar

SUKABUMI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, terus berupaya mendongkrak para pelajar yang sudah berusia 17 tahun agar segera memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan, Disdukcapil berupaya mendekatkan pelayanan perekaman data KTP-el agar mudah dijangkau para pelajar.

“Untuk menyasar pelajar, kami menggulirkan layanan perekaman KTP-el pemula di sekolah dan madrasah (Layanan Mantel Semar),” kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi kepada wartwan, Selasa (31/10) lalu.

Baca Juga:Kota Sukabumi Tuan Rumah Hari Pangan SeduniaKeluarga Risiko Stunting Terima Bantuan Pangan

Kardina menerangkan, belum lama ini Disdukcapil menggelar Layanan Semar Mantel di Kecamatan Cibeureum. Dengan pelayanan ini, para pelajar sekolah maupun madrasah tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil untuk merekam data pembuatan KTP-el karena petugas yang datang ke sekitar tempat tinggal mereka.

“Tentunya program ini akan sangat memudahkan bagi para pelajar yang hendak membuat KTP,” cetusnya.

Selain pembuatan KTP-el para pelajar, Disdukcapil Kota Sukabumi juga tengah mendorong aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Aplikasi IKD kini sudah bisa diunduh di ponsel berbasis Android maupun iOS.

“Saat melakukan pelayanan jemput bola ke sekolah, petugas Disdukcapil akan membantu para pelajar ataupun guru untuk meng- aktifkan IKD,” bebernya.

Pihaknya berharap, dengan berbagai inovasi yang dilumcurkan dapat meningkatkan pelayanan Disdukcapil terhadap warga yang hendak melengkapi dokumen kependudukan.

“Semoga berbagai inovasi ini dapat bermanfaat dan memudahkan warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan,” tukasnya. (IST)

0 Komentar