Puluhan Kades di Bimtek Peningkatan Kapasitas

Puluhan Kades di Bimtek Peningkatan Kapasitas
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Puluhan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Sukabumi mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Kepala Desa di Ballroom Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Kecamatan Cikakak, Selasa (28/11).

Acara yang diinisiasi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) ini dibuka Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan dihadiri oleh Inspektur Inspektorat, Kadis PMD, DPTR serta undangan lainnya. 

Kegiatan ini mengusung tema Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan yang Handal dan Profesional serta Optimalisasi Peran dan Tugas Kepala Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Baca Juga:Satpol PP Tertibkan PKL yang Berjualan Sembarangan di PalabuhanratuKerap Mengganggu Warga, ODGJ Diamankan Polsek Cikaka

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyatakan, Kades memiliki peran yang sangat strategis dalam menggerakkan roda pemerintahan desa. Trutama dalam mengakomodir harapan masyarakat serta menyelaraskan pembangunan sesuai dengan RPJMD Kab. Sukabumi 2021-2026.

“Berdasarkan tema, Kades didorong untuk bisa lebih memahami terkait tugas dan fungsinya. Mengingat mereka memiliki peran yang sangat strategis,” 

Marwan juga menegaskan, kepala desa yang mengikuti Bimtek dituntut untuk mampu menjadi manager yang cerdas dalam pengelolaan desa dan membangun sumber daya manusia yang unggul, agar dapat menjadikan desa maju dan mandiri.

“Membangun desa bukan hanya sekadar bermimpi, tetapi mimpi itu harus direalisasikan melalui program yang realistis,” imbuhnya. 

Marwan menuturkan, pengelolaan Anggaran Desa (AD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang nilainya cukup besar mesti dikelola secara baik. Dengan menerapkan pola PDCA yakni, Plan (rencanakan), Do it (kerjakan), Check (cek), dan Act (tindak lanjuti).

“Implementasi proses yang dikerjakan jangan sampai keluar dari batas kewenangan. Laksanakan sesuai aturan dengan menerapkan pola PDCA itu tadi,” pungkasnya berharap, kepala desa bisa bergerak bersama-sama untuk membangun kemajuan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik. 

Ditempat yang sama, Panitia Penyelenggara, Surahman menambahkan, Bimtek peningkatan kapasitas Kepala Desa 2023 diikuti sebanyak 84 peserta. Dia berharap, pelaksanaan Bimtek para kepala dapat memiliki wawasan yang cukup dan mengetahui tugas dan fungsinya. (IST)

0 Komentar