Peringatan HUT Surade Sarat dengan Kesenian Budaya Sunda

Peringatan HUT Surade Sarat dengan Kesenian Budaya Sunda
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Peringatan HUT Surade ke-265 Tahun sarat akan budaya dan kesenian Sunda. Hal itu nampak jelas saat Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menghadirinya di Lapang Lodaya Setra Surade, Selasa (5/12) kemarin. 

Budaya kesenian nampak terlihat ketika kedatangan Bupati Sukabumi Marwan Hamami disambut jajaran aparat kecamatan dan masyarakat Surade dengan melakukan upacara adat nyiram batu indung di Taman Megalodon.

Dari lokasi ini, Bupati Sukabumi mengendarai mobil jeep ke Lapang Lodaya Setra Surade. Di tempat itu, Marwan kembali disambut dengan tarian tradisional. 

Baca Juga:Bentuk Satgas Pencegahan Perkawinan AnakPemkot Sukabumi Raih Penghargaan Anindita Wistara Data

Tak hanya itu saja, berbagai permainan tradisional hingga pentas seni budaya memeriahkan acara ini. Ternasuk berbagai produk UMKM yang sudah berlangsung sejak 3 Desember lalu.

Dalam sambutannya, Marwan mengaku bersyukur bisa hadir di momen hari lahir Surade. Apalagi, momen ini menjadi suatu keberkahan bagi masyarakat Surade.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, menyambut baik acara ini. Usia yang lebih tua dari Kabupaten Sukabumi ini, harus menjadi keberkahan bagi masyarakat,” ujarnya.

Berkaitan HUT Surade ke 265 tahun ini, H. Marwan mendorong agar didukung dengan berbagai bukti sejarah yang konkret. Sehingga, hal ini bisa menambah referensi sejarah Sukabumi.

“Ketika lahirnya Surade dilengkapi dengan bukti otentik, nantinya bisa dijadikan wisata sejarah,” ucapnya.

Bahkan, hal tersebut bisa lebih bernilai ketika disandingkan dengan kekayaan dan keberagaman seni-budaya. Terutama yang menjadi ciri khas Surade.

“Kalau ruang ini digali, bisa menjadi satu kegiatan yang luar biasa,” ungkapnya.

Baca Juga:Tanah Longsor Terjadi di 19 TitikAngka Prevalensi Stunting Kota Sukabumi Turun Jadi 18,2 Persen

Maka dari itu, H. Marwan mengapresiasi kegiatan ini. Hal ini sekaligus ajang meyakinkan masyarakat Surade untuk lebih mencintai daerahnya.

“Ini menjadi ajang menggali potensi budaya, ekonomi, dan lainnya. Sehingga, akhirnya bisa menggerakan ekonomi masyarakat,” bebernya.

Oleh karena itu, Marwan mengajak semua pihak untuk bahu membahu mengenalkan potensi Kecamatan Surade. Sehingga, Surade dengan berbagai potensinya bisa semakin dikenal luas.

“Kita juga ada situs Megalodon yang jarang ditemukan di daerah lain. Kita kenalkan semua potensi yang ada di Surade,” ajaknya.

Camat Surade Suryana mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan atas dorongan para tokoh. Mereka ingin memperingati berdirinya Surade.

0 Komentar