7 Sayuran Terlarang yang Tidak Boleh Dikomsumsi Penderita Gula Darah

sayuran Terlarang Penderita Gula Darah
sayuran Terlarang Penderita Gula Darah
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan termasuk sayuran, seperti yang akan kami ulas mengenai beberapa jenis sayuran yang harus dihindari karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

Berikut adalah 7 sayuran terlarang bagi penderita gula darah:

1. Kentang
Kentang merupakan sayuran yang kaya karbohidrat dan indeks glikemik (IG) yang tinggi, dimana IG ini merupakan ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah. Kentang rebus memiliki IG sekitar 78, sedangkan kentang goreng memiliki IG sekitar 90.

2. Labu

Labu juga merupakan sayuran yang kaya karbohidrat dan IG tinggi, seperti labu madu yang memiliki IG sekitar 75.

3. Jagung

Baca Juga:Terancam Dipenjara! Ini Hukuman Komika Aulia Rakhman Atas Penghinaan AgamaRespon Timnas AMIN Terkait Komika Aulia Rakhman Hina Nabi Muhammad

Jagung juga merupakan sayuran yang kaya karbohidrat dan IG yang tinggi. Jagung rebus memiliki IG sekitar 70.

4. Kacang polong
Kacang polong merupakan sayuran yang kaya karbohidrat dan lemak, seperti Kacang polong kalengan yang diklaim memiliki IG sekitar 55.

5. Sayuran dalam bentuk jus
Sayuran dalam bentuk jus mengandung lebih banyak gula daripada sayuran segar, karena hidangan ini memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi daripada sayuran segar.

Penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi sayuran-sayuran tersebut atau menggantinya dengan sayuran lain yang rendah karbohidrat dan IG. Beberapa contoh sayuran yang cocok untuk penderita diabetes antara lain:

-Brokoli
-Bayam
-Sawi hijau
-Selada
-Tomat
-Paprika
-Wortel
-Kubis
-Asparagus

Selain itu, penderita diabetes juga perlu memperhatikan cara pengolahan sayuran seperti sayuran diolah dengan cara yang tidak menambahkan banyak karbohidrat atau lemak, seperti direbus, dikukus, atau dipanggang.

0 Komentar