Kebonpedes Deklarasi Sebagai Desa Siap Siaga

Kebonpedes Deklarasi Sebagai Desa Siap Siaga
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Jajaran Aparat Desa Kebonpedes melakukan deklarasi sebagai Desa Siap Siaga di Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/12) kemarin. Kegiatan yang berlangsung di Balai Sawala Desa Kebonpedes Kecamatan Kebonpedes ini dihadiri Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri dan Direktur Penindakan BNPT Brigjen. Pol Mochamad Rosidi

Dalam sambutannya, Mohamad Rosidi menyatakan Desa Kebonpedes di tunjuk sebagai Desa Siap Siaga oleh BNPT. Harapannya dengan penunjukan ini, masyarakat di Desa Kebonpedes paham akan radikalisme, bisa diantisipasi dan dapat menjaga ancaman intoleransi.

 “Semoga masyarakat bisa menjaga ketentraman, kenyamanan dan keamanan. Serta bisa memberdayakan dalam segala bidang sehingga Desa Kebonpedes menjadi sejahtera,” ungkapnya

Baca Juga:Stok Bapokting Dipastikan AmanKurangi Sampah Melalui Bank Sampah dan TPS3R

Sementara itu, Iyos mengatakan adanya deklarasi ini sebagai bentuk pernyataan diri untuk berkomitmen terhadap kondusivitas lingkungan.

Dia pun menghaturkan terima-kasih dan penghargaan atas peran Bakesbangpol beserta penggerak Desa Kebonpedes dan mitra kerja lainnya untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesiapsiagaan nasional dalam mengantisipasi tindak terorisme di Kecamatan Kebonpedes.

“Penunjukan Desa Kebonpedes sebagai pilot Projec Desa Siap Siaga merupakan kebanggaan, diketahui ini baru meraih juara ke III dalam penilaian P2WKSS tingkat Jawa Barat,” paparnya.

Diketahui terang Iyos, penyebab terjadinya pemicu radikalisme yang bisa berujung pada terorisme di antaranya kemiskinan, keterbelakangan pendidikan, perubahan politik, kurangnya pendidikan agama dan gencarnya infiltrasi kelompok radikal. 

Selain itu, lemahnya semangat kebangsaan, kurangnya keteladanan dan tergerusnya nilai-nilai kearifan lokal oleh arus modernitas negatif serta rendahnya peradaban budaya dan sosial seseorang.

Selanjutnya dalam acara ini dilakukan penyerahan hadiah bagi juara Penggerak Desa Siap Siaga, Hadiah Juara Mini Soccer, Penyerahan Kantin Amanah bagi Desa Kebonpedes serta Penyerahan Plakat dari BNPT kepada Wakil Bupati  Sukabumi.

0 Komentar