Peringati 19 Tahun Tsunami Aceh, Berikut Lokasi Saksi Bisunya

Tsunami Aceh
Tsunami Aceh
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Berikut ini terdapat tiga daftar lokasi yang menjadi saksi bisu terjadinya tsunami Aceh 2004 lalu, yang dimana peristiwa tersebut menjadi salah satu bencana alam paling mematikan dalam sejarah modern.

1. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh dibangun untuk mengenang peristiwa tersebut dengan terdapatnya berbagai fasilitas, termasuk ruang pameran, ruang audio visual, dan ruang terbuka.

Ruang pameran menampilkan berbagai informasi tentang tsunami Aceh, termasuk sejarah, dampak, dan upaya pemulihan. Ruang audio visual menampilkan film dokumenter bencana tersebut. Ruang terbuka digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti upacara peringatan peristiwa dan kegiatan edukasi.

2. Kubah Masjid Gurah

Baca Juga:Mengenang 19 Tahun Tsunami Aceh, Prabowo SBY Ziarah Makam KorbanDaftar Pohon Natal Artis Termewah 2023, Yuk Intip Siapa Saja

Kubah Masjid Gurah awalnya merupakan bagian dari Masjid Jamik Gurah. Namun, ketika peristiwa itu terjadi, masjid tersebut hancur dan hanya menyisakan kubah.

Kubah ini kemudian dipindahkan ke lokasi yang lebih tinggi untuk menghindari tsunami susulan, hingga menjadi simbol ketahanan dan semangat masyarakat Aceh.

3. Kuburan Massal Siron

Kuburan Massal Siron tentunya menjadi saksi bisu terpenting karena tempat ini merupakan pemakaman massal korban yang berisi sekitar 2.000 jenazah.

Jenazah-jenazah tersebut tidak dapat diidentifikasi dan dimakamkan bersama-sama, hingga kuburan Massal Siron merupakan simbol duka dan tragedi tsunami Aceh.

Yuk pantau terus artikel kami untuk mengetahui informasi terbaru lainnya, semoga bermanfaat guys!

0 Komentar