Daftar Bahan Pokok yang Mengalami Kenaikan Harga di 2024

Bahan Pokok
Bahan Pokok
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Memprediksi kenaikan harga bahan pokok di tahun 2024 memang cukup sulit, karena faktor yang mempengaruhi kenaikan harga tersebut bisa beragam dan sulit dikontrol.

Namun berdasarkan data dan tren saat ini, terdapat beberapa bahan pokok yang berpotensi mengalami kenaikan harga di tahun 2024.

Berikut daftar bahan pokok yang akan mengalami kenaikan harga:

1. Beras: Kenaikan harga beras global dan gangguan produksi akibat perubahan iklim diperkirakan masih akan berlanjut di tahun 2024.

Baca Juga:Jelang Tahun Baru, Harga Bahan Pokok juga BaruSiap Pajaki Harga Orang Kaya, Ternyata Ini Tujuan Anies

2. Cabai: Harga cabai rawit dan cabai merah besar rentan berfluktuasi tergantung pada musim panen dan cuaca, serta keterlambatan panen dan serangan hama dapat memicu kenaikan harga.

3. Telur ayam: Harga telur ayam dipengaruhi oleh biaya pakan ternak yang mayoritas diimpor, hingga fluktuasi harga pakan dan kurs mata uang dolar dapat mempengaruhi harganya.

4. Daging sapi: Harga daging sapi dipengaruhi oleh pasokan dalam negeri dan impor, yang dimana keterbatasan pasokan sapi potong dalam negeri dan kenaikan harga daging sapi di negara eksportir dapat mendorong kenaikan harga.

5. Minyak goreng: Kebijakan pemerintah yang mendorong diversifikasi minyak goreng dan potensi kenaikan harga minyak nabati global dapat mempengaruhi harga minyak goreng kemasan dan curah.

6. Bawang merah dan bawang putih: Ketergantungan pada impor bawang merah dan bawang putih serta gangguan produksi akibat cuaca ekstrem dapat memicu kenaikan harga.

7. Gula pasir: Harga gula pasir dipengaruhi oleh produksi tebu dalam negeri dan harga gula dunia, karena fluktuasi harga dan potensi kekurangan pasokan bisa memicu kenaikan harga.

8. Kedelai: Kenaikan harga kedelai dunia akibat faktor geopolitik dan cuaca dapat mempengaruhi harga tahu, tempe, dan produk olahan kedelai lainnya.

Baca Juga:Respon Anies Baswedan Terkait Penangkapan Jubir Timnas AminFakta Menarik di Balik Penangkapan Jubir Timnas AMIN oleh kejaksaan

9. Jagung: Harga jagung sebagai bahan baku pakan ternak dipengaruhi oleh panen lokal dan impor, hingga keterbatasan panen dan kenaikan harga jagung global dapat mempengaruhi harga daging ayam dan telur.

10. Gas elpiji: Kenaikan harga gas elpiji non-subsidi dikhawatirkan akan berlanjut di tahun 2024 akibat fluktuasi harga minyak dunia.

0 Komentar