Awal Tahun, Jepang Diguncang Gempa Besar Picu Tsunami 2024

Gempa tsunami Jepang
Gempa tsunami Jepang
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Naasnya Jepang yang ingin ikut sambut tahun baru malah diguncang gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter, dimana gempa tersebut terjadi di lepas pantai Prefektur Ishikawa yang dapat memicu peringatan tsunami.

Diketahui, gempa ini terjadi pada pukul 16.10 waktu setempat dan berlangsung selama sekitar 2 menit, yang dimana pusatnya berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut, hingga peristiwa tersebut dirasakan di seluruh Jepang, termasuk di Tokyo, Osaka, dan Kyoto.

Gelombang tsunami setinggi lebih dari 1 meter menghantam pantai di sepanjang pesisir Laut Jepang, hingga peristiwa gempa dan tsunami tersebut menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah Jepang, termasuk Prefektur Ishikawa, Prefektur Fukui, dan Prefektur Niigata.

Baca Juga:Sinopsis Ip Man: Kungfu Master, Tayang Malam Ini di Bioskop Trans TV Tontonan Malam Tahun Baru, Aquaman Tayang di Bioskop Trans TV 

Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jepang (NDMA), gempa dan tsunami Jepang tersebut telah menyebabkan sedikitnya 1.000 orang tewas dan 10.000 orang luka-luka, hingga jumlah korban tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

Gempa dan tsunami tersebut merupakan salah satu bencana alam paling parah yang pernah terjadi di Jepang, dan gempa tersebut juga merupakan peringatan bagi dunia bahwa Jepang masih rentan terhadap bencana alam terutama gempa bumi dan tsunami.

Diketahui, gempa dan tsunami tersebut juga telah menyebabkan banyaknya kerusakan infrastruktur termasuk jalan, jembatan, dan bangunan. Pemerintah Jepang telah mengerahkan bantuan untuk korban peristiwa tersebut, hingga mengirim bantuan internasional untuk membantu para korban.

 

0 Komentar