Pemkab Terima Bantuan Teknis RDTR dari Kementrian ATR/BPN

Pemkab Terima Bantuan Teknis RDTR dari Kementrian ATR/BPN
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES- Menteri Agraria dan tata ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Hadi Tjahjanto menyerahkan Materi Teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kepada 63 kepala daerah se – Indonesia. 

Salah satunya termasuk Kabupaten Sukabumi yang diterima Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri pada Acara Penyerahan Hasil Bantuan Teknis RDTR Melalui Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA BUN) tahun 2023 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta, Rabu (10 /1).

Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa, penyerahan materi Teknis RDTR ini merupakan hasil dari kegiatan Bantuan teknis penyusunan RDTR ABT BA BUN tahun 2023 yang telah diselesaikan oleh Kementerian ATR/BPN. 

Baca Juga:Bencana Landa Sejumlah KecamatanTargetkan Penambahan Pelaku Usaha Ber-NIB

“Ada sebanyak 77 RDTR untuk Kabupaten/Kota dan 5 RDTR Kawasan Perbatasan Negara (KPN) telah berhasil disusun,” katanya saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Hasil Bantuan Teknis RDTR Melalui ABT BA BUN tahun 2023 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta, Rabu (10 /1).

Menurutnya acara ini dilaksanakan untuk pemenuhan komitmen kegiatan bantuan teknis penyusunan RDTR antara Direktur Jenderal Tata Ruang dengan para kepala daerah yang dilaksanakan pada Agustus 2023 lalu.

Sekaligus, kata Hadi Tjahjanto mendorong pemerintah Kabupaten/Kota dalam menindaklanjuti proses RDTR menjadi Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dan proses pengintegrasiannya ke dalam sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA).

“Saya harap, penyusunan RDTR yang tersebar di 25 provinsi dan 68 kabupaten/kota ini dapat berimplikasi pada pertumbuhan investasi serta mendorong kesejahteraan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengaku bersyukur Pemkab Sukabumi ermasuk salah satu penerima Bantuan teknis dari kementrian ATR/BPN terkait dengan penyusunan RDTR.

“Alhamdulillah Kabupaten Sukabumi masuk di dalamnya dan kita sudah menerima dokumen bantuan teknis terkait dengan penyusunan RDTR di kawasan Kabupaten Sukabumi,” singkatnya.  (IST)

0 Komentar