Angka Penempatan Kerja Cenderung Turun

Angka Penempatan Kerja Cenderung Turun
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Jumlah pencari kerja di Kota Sukabumi sepanjang 2023 terdata sebanyak 2.317 orang. Dari jumlah tersebut, yang berhasil mendapatkan pekerjaan sebanyak 704 orang.

Pengantar Kerja Ahli Muda Disnaker Kota Sukabumi, Melani Fitra Rizkianty, menyebutkan dibandingkan tahun 2022, selama 2023 terjadi penurunan khususnya dalam jumlah penempatan kerja. Penurunan jumlah penempatan kerja tersebut merupakan masalah yang harus dipecahkan Disnaker,.

“Namun, angka penempatan kerja pada tahun 2023 akan ditinjau ulang karena didasarkan pada daftar penerbitan AK.1 atau kartu pencari kerja,” kata Melani, Kamis (18/1).

Baca Juga:Pj Walkot Beberkan Rancangan Awal RPJPDWaspada Potensi Banjir Limpasan

Menurutnya, ada kemungkinan para pencari kerja tidak melapor ke Disnaker ketika mereka sudah mendapatkan pekerjaan.

“Dalam arti ada beberapa yang tidak pernah melapor ke kita. Seharusnya ketika sudah diterima bekerja mereka melapor,agar dicoret juga dari daftar AK.1 atau pencari kerja,” jelasnya.

Tahun ini Disnaker memiliki beberapa program untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Sukabumi. Di antaranya mengadakan pelatihan bagi masyarakat usia produktif serta bursa kerja yang dijadwalkan digelar pada Juli.

“Untuk up-skilling kita ada pelatihan. Setiap tahun kita anggarkan dengan sasaran usia produktif. Kemudian kita juga ada bursa kerja mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan. Kalau berdasarkan jadwal akan dilaksanakan Juli karena menyesuaikan dengan kelulusan sekolah, terutama bagi pelajar SMK,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar