Jelang Pilwalkot, DESK Pilkada Kuatkan Koordinasi

Jelang Pilwalkot, DESK Pilkada Kuatkan Koordinasi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2024. Sebagai persiapan, DESK Pilkada setempat melaksanakan rapat koordinasi, Senin (22/1).

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada, menegaskan rakor bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 agar berjalan dengan lebih lancar dan baik dari sebelumnya.

“Momen ini menjadi awal dari kegiatan DESK Pilkada 2024. Semua elemen yang terdapat di dalamnya telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Daerah,” ujar Dida yang juga Ketua DESK Pilkada.

Baca Juga:Rumah Terdampak Pergerakan Tanah BertambahAnies Tegaskan Pentingnya Jaga Kawasan Maritim dari Nelayan Asing

Dida menjelaskan dasar hukum DESK Pilkada mengacu pada Permendagri Nomor 9/2005. Disebutkan, setiap kota dan kabupaten yang menggelar Pilkada harus menetapkan susunan Tim DESK Pilkada.

Tim DESK Pilkada telah dibentuk sejak 2023 sesuai ketentuan yang berlaku. Tujuan dari DESK Pilkada adalah memanfaatkan dan menginventarisasi persoalan Pemilu yang timbul untuk meningkatkan pelaksanaan Pilkada 2024.

DESK Pilkada tidak memiliki keterkaitan langsung dengan Pemilu. Tapi memanfaatkan Pemilu sebagai instrumen untuk memperbaiki pelaksanaan Pilkada.

Selain itu, Dida juga menyampaikan bahwa pada 2024, para camat dan lurah memiliki tugas luar biasa. Kegiatan DESK Pilkada memberikan platform bagi mereka untuk berdiskusi, bertanya jawab, dan menginventarisasi masalah agar dapat ditanggulangi bersama.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Sukabumi menambahkan, rakor bertujuan menyamakan persepsi tentang tugas dan pemetaan kesiapan wilayah dalam pelaksanaan Pilkada 2024 sebagai bahan analisis bagi ketua Desk.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menyatukan persepsi dan tugas dalam pelaksanaan Pilkada serentak, serta memastikan pelaksanaannya berjalan terarah dan terukur.

“Harapannya dapat dipertanggungjawabkan, terutama memberikan dukungan kepada KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan Pilkada serentak agar berjalan aman, lancar, dan kondusif,” jelasnya.

Baca Juga:Airlangga Optimis Prabowo-Gibran Raih 60 Persen Suara di JabarPrabowo Tegaskan Sumber Daya Alam tak Boleh Dijual Murah ke Luar Negeri

Kehadiran unsur terkait diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi untuk menjaga integritas dan kesuksesan Pilkada 2024 di Kota Sukabumi. (rls)

0 Komentar