Jalan Penghubung Kampung Bumisari – Cicareuh di Mangunjaya Tertutup Lonsor

Jalan Penghubung Kampung Bumisari – Cicareuh di Mangunjaya Tertutup Lonsor
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Ruas Jalan Lingkungan yang menghubungkan Kampung Bumisari – Cicareuh di Desa Mangunjaya, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi tertutup material longsor, Selasa (22/01). 

Akibat peristiwa ini, akses jalan yang biasa dilalui masyarakat menjadi lumpuh. Diketahui selain longsor, di daerah tersebut juga terjadi bencana alam pergerakan tanahdi Kampung Cibuhung RT01 RW02, Desa Mangunjaya.

Kepala Desa Mangunjaya, Dade Solahudin melalui Sekretaris Desa Mangunjaya, Edi menjelaskan, bahwa bencana alam yang terjadi di wilayahnya disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi dalam beberapa hari. 

Baca Juga:Hujan Deras, Dinding Rumah Warga di Palabuhanratu AmbrukFPR Diminta Dapat Memecahkan Masalah Tata Ruang

“Akibat terlalu banyak air, longsor pun terjadi dengan cepat. Adapun bencana alam ini pertama longsor di ruas jalan yang menghubungkan Kampung Bumisari – Cicareuh yang menutupi badan jalan, kedua pergerakan tanah di Kampung Cibuhung RT01 RW02. Akibat pergerakan tanah ini, menyebabkan 1 unit rumah warga rusak berat. Namun Alhamdulillah, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Edi kepada sukabumizone.com (22/01).

Menyikapi situasi keadaan saat ini, lanjut Edi, Pemdes Mangunjaya telah berkoordinasi dengan P2BK Kecamatan Bantargadung, Muspika Kecamatan Bantargadung, Babinsa, Babinkamtibmas dan pihak terkait lainnya.

“Untuk evakuasi material longsor di ruas jalan Bumisari – Cicareuh diperlukan alat berat, tapi untuk membersihkan puing-puing material longsoran yang kecil – kecil kami bersama warga dan tim tengah melakukan gotong royong,” kata Edi.

Selain itu, terang Edi, pihak Pemdes Mangunjaya langsung memberikan imbauan kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada khususnya mereka yang tinggal di daerah rawan longsor.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan siaga menghadapi kemungkinan bahaya lebih lanjut. Kami minta warga pun mengikuti instruksi dan imbauan dari pihak berwenang,” tambah Edi.

Edi juga menyebutkan bahwa penanganan yang cepat dan efektif menjadi prioritas utama untuk mengatasi kejadian ini. Dia berharap situasi dapat kembali normal seiring dengan cuaca yang membaik.

“Menghadapi kondisi bencana alam seperti ini, solidaritas dan gotong royong dari berbagai pihak sangat diperlukan. Semoga situasi segera pulih dan warga pun dapat kembali beraktivitas dengan aman, kita imbau mereka yang tinggal di Desa Mangunjaya meningkatkan kewaspadaan. Terutama bagi warga yang pemukimannya dekat dengan bantaran sungai, perbukitan dan area rawan longsor lainnya,” pungkasnya. (SZ/IST)

0 Komentar