Gencarkan Perekaman E-KTP melalui Program Jempol

Gencarkan Perekaman E-KTP melalui Program Jempol
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi terus menggencarkan perekaman KTP elektronik melalui program Jemput Bola Pelayanan (Jempol). Sekalipun pada Sabtu dan Minggu maupun hari libur nasional lainnya, program tersebut terus berjalan.

Seperti dilaksanakan pada Sabtu (27/1). Kegiatannya dilaksanakan di Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Wardoyong, Kelurahan/Kecamatan Baros, serta di kantor Disdukcapil. Salah satu target perekeman yakni kalangan pemilih pemula karena untuk kebutuhan Pemilu 2024.

“Sasaran program Jempol kali ini memang diprioritaskan kepada remaja yang belum dan sudah berusia 17 tahun. Mereka bisa langsung melakukan perekaman KTP elektronik. Nanti saat mereka berusia pas 17 tahun, kita akan berikan KTP-nya sebagai kado,” kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi, kepada wartawan saat meninjau program Jempol di Kelurahan Dayeuhluhur, Sabtu.

Baca Juga:Pasar Murah Sedot Animo MasyarakatPengedar Sabu Ditangkap di Rumah Kontrakan

Berbeda dengan remaja yang belum berusia 17 tahun sebelum 14 Februari 2023, mereka akan menerima KTP elektornik dan memiliki hak pilih pada Pemilu.

Kardina menyebut program Jempol akan terus dilaksanakan Disdukcapil untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

“Kami juga mendatangi ke rumah warga. Seperti kalangan lansia karena sakit. Perekaman kami lakukan di rumah warga tersebut,” ujarnya.

Hingga saat ini cakupan pembuatan KTP elektronik sudah mencapai 99,64 persen dari target yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 99,4 persen. Cakupan dimungkinkan terus meningkat karena warga yang membuat KTP elektronik terus bertambah.

“Apalagi memasuki awal Februari sudah banyak remaja yang memasuki usia 17 tahun melakukan perekaman KTP elektronik. Tentu cakupannya pun terus bertambah,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar