KPU Gelar Simulasi dan Bimtek Sasar WBP Lapas Kelas IIB Sukabumi

KPU Gelar Simulasi dan Bimtek Sasar WBP Lapas Kelas IIB Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – KPU Kota Sukabumi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Simulasi Pencoblosan Kertas Suara pada Pemilu 2024 di Aula Lapas Kelas IIB Nyomplong Kota Sukabumi, Selasa (30/1).

Kegiatan ini di ikuti oleh Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Kota Sukabumi.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno mengatakan, Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anggota KPPS mengenai peraturan Pemilu yang telah ditetapkan KPU serta proses dan tata cara teknis penyelenggaraan pemilu di TPS khusus Lapas Sukabumi. 

Baca Juga:PSI Dinilai Sudah Jadi Partai Jokowi Sejak LamaSatpol PP dan Dishub Tertibkan PKL di Sekitar Trotoar RSUD Palabuhanratu

“Pentingnya kesamaan visi dan misi antara tim KPU dan PPS dengan anggota KPPS Lapas Sukabumi dalam mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil pada pemilu di TPS khusus ini,” ujar Imam kepada awak media.

Tak hanya itu, ia juga memberikan sosialisasi kepada warga binaan Lapas Sukabumi yang juga sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) terkait pengetahuan dan pemahaman tentang proses dan tata cara teknis penyelenggaraan pemilu di TPS khusus Lapas Sukabumi.

“Alhamdulillah warga binaan lapas kelas IIB Kota Sukabumi sangat antusias mengikuti simulasi pencoblosan kertas suara pemilu dengan baik,” ungkapnya.

Imam menerangkan, dalam pencoblosan nanti warga binaan yang berasal dari Kota Sukabumi hanya dapat mencoblos Presiden RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Bagi warga binaan Lapas yang merupakan warga di Dapil (Daptar Pemilihan) 3 bisa mencoblos semuanya. Kami harap dengan adanya kegiatan hari ini penyelenggaraan Pemilu di TPS khusus Lapas ini bisa berjalan lancar,” tandasnya.

Ditempat yang sama Kalapas Kelas IIB Sukabumi, Gatot Harisaputro melalui Kasi Pembinaan Anak Didik, Andhika Saputra menambahkan bahwa saat ini KPU Kota Sukabumi bersama PPK Kecamatan melaksanakan Bimtek kepada Anggota KPPS yang belum lama ini sudah dilantik untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di dalam lapas.

“Kemudian dilanjutkan dengan simulasi kertas suara pencoblosan kepada seluruh warga binaan agar mereka dapat mengerti karena tidak semudah yang dibayangkan seperti DPT, DPTB berjalan lancar dilaksanakan dengan tertib antusiasme warga binaan sangat luar biasa,” imbuhnya.

0 Komentar