PSI Dinilai Sudah Jadi Partai Jokowi Sejak Lama

PSI Dinilai Sudah Jadi Partai Jokowi Sejak Lama
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES — Partai Solidaritas Indonesia (PSI) adalah partainya Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu diungkapkan Pengamat politik dari Universitas Al-azhar Indonesia Ujang Komarudin.

Pasalnya, dia melihat pertemuan antara Presiden dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep beberapa waktu lalu.

“Saya sih melihat kalau PSI itu partainya Jokowi dari dulu. Walaupun Jokowinya masih jadi kader PDIP,” kata Ujang, saat dihubungi, Senin (29/1/2024) dikutip dari JPNN.

Baca Juga:Satpol PP dan Dishub Tertibkan PKL di Sekitar Trotoar RSUD PalabuhanratuBelum Selesai 100 Persen, Taman Gadubangkong Ditutup Sementata

“Ibaratnya partainya dibentuk dan didukung oleh support Jokowi makanya sekarang ketua umumnya Kaesang,” sambung dia.

Ujang Komarudin menilai tak perlu Presiden Jokowi mendeklarasikan diri bergabung dengan PSI. Sebab, secara perilaku dan arah politik, Presiden Jokowi sudah mengarah ke PSI.

“Jadi kalau saya melihat Jokowi merapat ke PSI, enggak perlu merapat Jokowi mah sekarang ini bisa kendalikan partai-partai masih jadi presiden bisa mengendalikan Golkar, PAN dan sebagainya,” ungkap dia.

“Kalau saya boleh mengatakan ya kalau meninggalkan PDIP sekarang itu secara de facto sudah meninggalkan PDIP walaupun secara de jure belum mengundurkam diri,” tambah Ujang.

Ujang berpandangan akan rugi jika Presiden Jokowi bergabung dengan PSI. Karena, partai tersebut belum masuk ke parlemen.

Sehingga, dia menilai Presiden Jokowi hanya mentor hingga mengawasi PSI melalui Kaesang yang menjabat sebagai Ketua Umum PSI.

“Kalau mengatakan Kaesang bahwa pelatih sedang memberikan arahan ya artinya Jokowi tidak musti harus masuk PSI tapi memantau, mengontrol, mengawasi, mementori PSI tanpa perlu bergabung dengan PSI karena di situ sidah ada anaknya sudah cukup Kesang menjadi ketua umum,” papar dia.

Baca Juga:Pemkab dan PCNU Bahas Sinergitas Visi Kabupaten SukabumiSatu Unit Rumah di Simpenan Ambruk

“Tidak harus Jokowi di situ. Kalau Jokowi di situ ya, Jokowi kecil karena PSI masih partai kecil, masih partai di luar parlemen. rugi kalau Jokowi di PSI. Makanya sebagai pelatih sebagai mentor saja,” pungkasnya.

0 Komentar