Ratusan Rumah Rusak Terdampak Bencana

Ratusan Rumah Rusak Terdampak Bencana
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Ratusan bangunan rumah di Kabupaten Sukabumi rusak akibat terdampak berbagai bencana selama Januari 2024. Terdapat juga ratusan bangunan rumah lainnya dengan kondisi terancam.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Yudistira, mengatakan 137 kali bencana yang terjadi di Kabupaten Sukabumi selama Januari mengakibatkan sebanyak 105 bangunan rumah warga mengalami kerusakan.

Rinciannya, rusak berat sebanyak 20 unit, rusak sedang 32 unit, dan rusak ringan 53 unit.

Baca Juga:Stok Komoditas Aman, belum Ada Rencana Operasi PasarSatpol PP Awasi Aktivitas di Lapdek

“Total ada 105 bangunan rumah warga yang rusak akibat bencana. Terdapat juga 114 rumah yang kondisinya terancam,” kata Yudistira, belum lama ini.

Bencana di Kabupaten Sukabumi selama Januari bersamaan kondisi cuaca ekstrem. Tingginya curah hujan mengakibatkan berbagai bencana tersebar di 36 kecamatan.

Secara rinci, dari 137 kejadian bencana, tanah longsor jumlahnya paling banyak yakni 77 kali. Selanjutnya angin kencang sebanyak 26 kali, banjir 14 kali, pergerakan tanah 8 kali, gempa bumi 8 kali, dan bencana lain-lain sebanyak 4 kali.

“Berbagai bencana juga mengakibatkan kerusakan pada 79 fasum dan fasos serta  lahan dan sawah seluas 205 hektare,” terangnya.

Kerusakan akibat dampak bencana menimbulkan kerugian yang ditaksir mencapai Rp4,8 miliar. Yudistira mengatakan penanganan bagi yang terdampak bencana dilakukan secara lintas sektoral.

“Kami terus koordinasikan dengan dinas-dinas teknis di Pemkab Sukabumi untuk pemanganan secara permanen bagi bangunan-bangunan yang rusak,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar