Unhan Tanam 500 Mangrove di Pantai Palangpang

Penanaman mangrove oleh Wakil Bupati Sukabumi di Muara Cimarinjung kawasan pantai Palangpang.
Penanaman mangrove oleh Wakil Bupati Sukabumi di Muara Cimarinjung kawasan pantai Palangpang.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) ditanami 5000 pohon mangrove di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas, Jumat (23/2).

Penanaman pohon itu merupakan pengabdian Civitas akademika Universitas Pertahanan RI untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi. 

Kegiatan dihadiri langsung Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri beserta beberapa kepala perangkat daerah. 

Baca Juga:780 TPS Direkomendasikan Bawaslu RI Pemungutan Suara UlangKomedian Komeng Dijuluki King of Caleg Tanpa Kampanye, Raih 1,7 Juta Suara

Iyos menekan pentingnya penanaman mangrove di kawasan pesisir pantai ini untuk menjaga keanekaragaman hayati (biodiversity), dan upaya yang dilakukan Unhan RI selaras dengan tagline geopark, yakni memelihara bumi dan mensejahterakan masyarakat.

“Saya atas nama Pemkab Sukabumi dan juga sebagai Ketua BP CPUGGp mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Unhan RI yang telah melaksanakan kegiatan di kawasan geopark Palabuhanratu,” ungkapnya.

Menurut Iyos, CPUGGp sebagai ikon Kabupateb Sukabumi secara serius harus dijaga dan dipelihara oleh semua, maka dengan kegiatan Unhan ini diyakini mampu memperkuat biodiversity.

“Kita ingin mangrove ini kedepan dapat dipelihara dengan baik dan dilakukan pemantauan perkembangannya, sehingga jangan sampai mati, mudah mudahan 2 sampai 3 tahun kedepan hasilnya bisa terlihat” tegasnya. 

Tak hanya itu Iyos pun berharap, penanaman pohon mangrove di kawasan CPUGGp akan memperindah kawasan pantai selatan sukabumi. 

Ditempat yang sama, Ketua pelaksana program studi (Prodi) magister keamanan maritim, Fakultas Keamanan Nasional, Unhan RI, Kolonel Laut, Panji Suwaro menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan implementasi program studi mahasiswa Unhan yang berperan dalam menjaga keamanan maritim terhadap konservasi laut.

“Ada sebanyak 5000 bibit pohon mangrove yang kita tanam di Kawasan Pantai Palangpang,” ucapnya. 

Baca Juga:ngin Jadi Jembatan, Jokowi Akan Dekati Sejumlah Ketum ParpolHPSN Momen Gebyarkan Inovasi Gema Sajadah

Disampaikan Ia, pengabdian terhadap masyarakat Kabupaten Sukabumi tak hanya penanaman mangrove, tetapi juga dilaksanakan aksi bersih bersih pantai dan sosialisasi bela negara.

Kolonel Laut Panji menyampaikan, alasan geopark ciletuh dijadikan sebagai lokus penanaman mangrove lantaran kerap terjadi adanya kerawanan, sebab kawasan tersebut berbatasan langsung dengan samudera hindia.

“Semoga kedepan kami bisa menanam kembali bibit mangrove di kawasan sini ataupun kami kirim bibit tambahan mangrove,”pungkasnya.

Disela-sela kesempatan dilakukan pemberian cenderamata dari kedua pihak antara Pemkab dengan Unhan RI, dilanjutkan dengan penanaman mangrove oleh Wakil Bupati Sukabumi di Muara Cimarinjung kawasan pantai Palangpang.

0 Komentar