MTQ Ajang Memasifkan Baca Tulis Al Qur'an

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri saat akan memukul bedug
Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri saat akan memukul bedug sebagai tanda di bukanya MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Sukabumi di Lapang GMC, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sabtu (2/3).
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 tingkat Kabupaten Sukabumi resmi digelar. Pasca dibukanya oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri di Lapang GMC, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sabtu (2/3).

Pembukaan yang dilakukan malam hari ini, berlangsung sangat sangat meriah.Berbagai kreasi kesenian bernuansa Islami pun turut meramaikan kegiatan ini.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri Forkopimda, para kepala Perangkat Daerah, dan para camat di Kabupaten Sukabumi. 

Baca Juga:Risiko Bencana Berada pada Posisi SedangPelajar Asal Cianjur Nyaris Tenggelam

Kegiatan yang mengambil tema Melalui MTQ ke 46 kita Wujudkan Masyarakat Kabupaten Sukabumi yang Religius, Maju, Inovatif, Sejahtera Lahir Batin ini direncanakan berlangsung selama enam hari terhitung 2-7 Maret, mendatang.  

Iyos mengatakan MTQ merupakan festival keagamaan Islam di  Indonesia yang diadakan di tingkat kecamatan hingga nasional.

Di mana,  tujuannya untuk mengagungkan Alquran. Untuk itu, kegiatan ini sejalan dengan visi Kabupaten Sukabumi. Terutama dari sisi kereligiusan.

“MTQ ini harus dijadikan momentum menjabarkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki, yakni Alquran,” ujarnya. 

Oleh karena itu, festival ini sangat berharga. Terutama dalam memasifkan baca dan tulis Alquran.

“Manfaatkan lomba ini untuk memasifkan baca dan tulis Alquran di Kabupaten Sukabumi. Hal ini sesuai visi Kabupaten Sukabumi yang religius,” ucapnya.

Dari sisi lomba sendiri, Iyos berharap terdapat potensi unggul dari Kabupaten Sukabumi. Sehingga bisa mengikuti lomba di tingkat berikut. Baik itu tingkat Jawa Barat, nasional, maupun internasional.

Baca Juga:Latih KRB Perawatan ACHarus Fokus Kembangkan UMKM, Ekraf, dan Perdagangan

“Jadi, saya berharap para juri teliti dalam menilai. Sehingga, anak yang juara merupakan putra terbaik di Kabupaten Sukabumi,” harapnya. 

Panitia Kegiatan MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2024 Tamtam Alamsyah menambahkan, lomba ini diikuti sekitar 963 peserta dari 47 kecamatan. Mereka mengikuti berbagai cabang perlombaan MTQ. 

“Terdapat beberapa lomba yang dilombakan. Diantaranya, tilawah, tilawatil anak, tahfid murotal, tahfid 1 juz dan tilawah, tahfid 5 juz dan tilawah, tahfid 10, 20, dan 30 juz, kaligrafi, tafsir, dan beberapa lomba lainnya,” ungkapnya

Sebelum kegiatan dimulai, panitia terlebih dahulu melaksanakan pawai taaruf yang melibatkan sekitar 5.581 orang. Selain itu, melantik 95 dewan hakim hingga dibukanya kegiatan MTQ ke-46.

0 Komentar