Harga Daging Ayam Berangsur Turun

Seorang pedagang daging ayam di Pasar Pelita Kota Sukabumi melayani pembeli.
Seorang pedagang daging ayam di Pasar Pelita Kota Sukabumi melayani pembeli. Saat ini harga komoditas tersebut terpantau turun meskipun belum normal.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Harga komoditas daging ayam di Kota Sukabumi terpantau mulai turun. Namun, turunnya komoditas pangan itu belum kembali ke harga normal di kisaran Rp33 ribu per kg.

Data Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) setempat, harga daging ayam turun menjadi Rp40 ribu per kg.

Sebelumnya, harga daging ayam mencapai Rp43 ribu per kg.

“Memang harganya belum kembali normal. Tapi sudah terpantau ada penurunan,” kata Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, kepada wartawan, Minggu (17/3).

Baca Juga:Jam Kerja ASN Disesuaikan selama RamadanPemkab Sukabumi Gelar Muhibbah Ramadan 

Salah satu faktor turunnya harga daging ayam kemungkinan karena sudah terpenuhinya permintaan kondusmen. Tapi, fluktuasi harga kadang tergantung pasokan dari peternak, termasuk juga permintaan konsumen.

“Kemarin harga ayam naik signifikan karena permintaan tinggi karena mau Puasa ditambah harga pakan yang juga naik,” tutur Rifki.

Pekan ini, kata Rifki, terdapat juga beberapa komoditas yang harganya terpantau naik. Misalnya cabai rawit hijau dari Rp50 ribu menjadi Rp60 ribu per kg, cabai keriting hijau dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kg, cabai merah besar TW dari Rp80 ribu menjadi Rp90 ribu per kg, dan bawang putih dari Rp35 ribu menjadi Rp38 ribu per kg.

“Selain permintaannya meningkat, faktor kenaikan harga cabai dan bawang putih bisa saja hasil panennya menurun yang disebabkan faktor cuaca,” terangnya.

Sedangkan harga komoditas lainnya hingga saat ini masih cukup stabil. Di antaranya beras Ciherang Cianjur I Rp15.800 per kg, Cianjur II Rp15.600 per kg, Ciherang Sukabumi Rp15.800 per kg, beras premium kelas I sebesar Rp5.800 per kg, medium I Rp14.400 per kg, medium lokal Rp14.200 per kg, dan beras medium Bulog Rp10.900 per kg.

Kemudian minyak goreng curah saat ini di kisaran Rp16.500 per kg, minyak goreng dalam kemasan di pasar modern dijual Rp40.200 per 2 liter sedangkan di pasar tradisional Rp17 ribu-Rp19 ribu per kg, terigu Rp11 ribu per kg, garam halus 250gr Rp1.500 per bungkus, garam gandu Rp500 per biji, telur ayam negeri Rp32 ribu per kg, daging sapi Rp130 ribu per kg,  dan bawang merah jawa Rp32 ribu per kg. (ist)

0 Komentar