Hadiri FPD Dinsos, Pj Wali Kota Sukabumi : Isu Sosial Masalah yang Sangat Kompleks.

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji dan Kepala Dinsos Kota Sukabumi
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji dan Kepala Dinsos Kota Sukabumi, Fajar Rajasa foto Bersama usai menggelar FPD untuk penyusunan RKPD tahun 2025 di Hotel Fresh, Jum\'at 1 Maret 2024.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Dinas Sosial Kota Sukabumi menggelar Forum Perangkat Daerah (FPD) untuk penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah tahun 2025 di Hotel Fresh, Jum’at 1 Maret 2024.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi menjelaskan Isu sosial merupakan masalah yang sangat kompleks.

Baca Juga:Dinsos Kota Sukabumi Miliki Empat Program Prioritas untuk RKPD Tahun 2025 Pemkot Sukabumi Terjunkan Tim Penilai Pelaksana P2RW Terbaik

Baik di setiap negara maupun daerah, sehingga untuk memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat umum, pemerintah harus menuangkannya dalam berbagai program strategis. 

Pasalnya, kesejahteraan sosial merupakan mandat konstitusi yang jelas dalam undang-undang.

Untuk itu, kewajiban negara dapat menjalankan keagamaan, pendidikan, kebudayaan serta bisa menanggulangi masalah perekonomian dan fakir miskin dengan baik.

Selaku Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana menegaskan bahwa Pemkot Sukabumi senantiasa berupaya agar strategi dalam layanan kesejahteraan sosial saat ini dan kedepan terus menguatkan keberpihakan, terutama untuk lansia, orang berkebutuhan khusus, anak-anak terlantar dan korban narkoba.

Adapun saat ini beberapa indikator yang menunjukkan kondisi kesejahteraan masyarakat Kota Sukabumi, pada tahun 2023 diantaranya capaian IPM sebesar 77,16 point, tingkat pengangguran terbuka 8,53 persen, dan angka kemiskinan sebesar 7,50 persen.

Sementara itu, Kadinsos Kota Sukabumi, Fajar Rajasa menjelaskan dalam Forum Perangkat Daerah untuk penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah tahun 2025 ada Empat Program Prioritas atau point masalah sosial di Kota Sukabumi.

Lanjut Fajar Rajasa, Program pertama, peningkatan mutu penanganan rehabilitasi dan perlindungan sosial.

Program prioritas kedua adalah pengentasan fakir miskin (fm) dan orang tidak mampu.

Baca Juga:Tingkatkan Penanganan Kasus Kekerasan, DP2KBP3A Kota Sukabumi Gandeng Psikolog, Hukum dan PeksosDP2KBP3A Sukabumi Komitmen Perkuat Pembangunan Kota Inklusif

Sementara untuk program prioritas ketiga adalah peningkatan peran aktif potensi sumber kesejahteraan sosial.

Di sini ada pemberdayaan sosial dan kemitraan dengan LKS, orsos serta CSR.

Terakhir untuk program prioritas keempat Dinas Sosial dalam Forum Perangkat Daerah untuk penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah tahun 2025 yakni mencakup kepada peningkatan pelayanan publik. (IST)

0 Komentar