Hari Otda Usung Tema Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin upacara Hari Otonomi Daerah ke-28
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin upacara Hari Otonomi Daerah ke-28 di halaman apel Setda Kota Sukabumi, kemarin.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Sekertaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28 di halaman apel Sekretariat Daerah Kota Sukabumi, Kamis (25/4).

Tahun ini tema peringatan Hari Otonomi Daerah yakni “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”.“Tema Hari Otonomi Daerah ke 28 ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah terhadap amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal,” ujar Dida dalam amanatnya membacakan sambutan Kemendagri. 

Sekaligus mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Baca Juga:Berantas Praktik Pungli!Puluhan Pelajar Terima Beasiswa Wali Kota

Otonomi daerah adalah upaya untuk melakukan desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah, dengan maksud mengurangi dominasi pemerintah pusat serta memberikan lebih banyak kewenangan kepada daerah di Indonesia.

“Perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi,” jelasnya.

Perjalanan Otda kemudian membentuk aglomerasi kegiatan perekonomian dan terhubung antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Implementasi pengembangan wilayah perlu dilakukan melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi ekonomi hijau.

“Penyelengaraan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar