Petani di Simpenan Sumringah Dapat Bantuan Bak Penampungan Air

IST
Tandon air alias bak penampungan air yang berukuran besar yang siap difungsikan untuk mengairi puluhan hektare sawah warga di simpenan
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Para petani di Kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi terlihat semringah.

Pasalnya kini di lokasi tersebut memiliki tandon air alias bak penampungan air yang berukuran besar yang siap difungsikan untuk mengairi puluhan hektare sawah warga.

Salah seorang Petani sekitar, Endang Suherdi mengaku senang dan bahagia para petani di kampungnya mendapatkan bantuan pembangunan tandon air dari kerjasama PLTU Palabuhamratu dan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga:Diduga Rem Blong, Truk Box Nyaris Seruduk Prima Center di CibadakDP2KBP3A Raih Dua Penghargaan pada HUT Kota Sukabumi ke-110

Saat Ini menurutnya, di musim kemarau petani tidak lagi takut kekeringan karena terdapat stok air yang ditampung di bak penampungan berukuran lebar 5 meter dan panjang 10 meter itu.

“Alhamdulillah terimakasih karena diberi bantuan sama PLTU untuk bikin tandon,” ujar Endang yang juga Ketua Kelompok Tani Mekar Karya Sari di lokasi tandon air pesawahan Mariuk.

Tak hanya mengatasi kekeringan, keberadaan tandon air ini pun diakui Endang bisa membuat petani panen dua kali lipat dari biasanya. Biasanya petani dalam satu tahun panen pade hanya satu kali.

“Biasanya panen 1 tahun sekali, baru kali ini satu tahun bisa 2 kali panen. Ini berkat adanya pengairan ini,” ucapnya

Di lokasi yang sama, Senior Manager PLN Indonesia Power PLTU Jabar 2 Pelabuhan Ratu, Bowo Pramono, mengatakan, tandon air itu mampu menampung 100 ribu liter air, sehingga bisa mengairi hektaran lahan pesawahan.

“Air di dalam tandon ini digunakan untuk mengairi sawah sekitar 5 hektar, dari keseluruhan hamparan di sini sekitar 60 hektar, jadi kita dengan tandon ini mungkin baru sebagian kecil, kedepan kita akan tingkatkan lagi, semoga kita bisa mengairi lebih banyak lagi,” terang Bowo

Bowo menjelaskan, tandon air itu juga berfungsi sebagai pengendali air untuk pengairan sawah, selain menampung air dari sumber air yang cukup jauh dari pesawahan, tandon air itu juga bisa menjadi tadah hujan.

Baca Juga:DP2KBP3A Kota Sukabumi Gelar Rakor Teknis TPPSSejak Dipasang Baliho, Volume Sampah di TPSS Jalan Simpang Tiga Berkurang

“Yang sebelumnya sawah tadah hujan yang mungkin hanya bisa panen satu kali dalam setahun, dengan adanya tandon ini diharapkan bisa dua sampai tiga kali panen dalam satu tahun,” jelasnya

Di tempat yang sama, Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo melalui Danramil 2202/Palabuhanratu, Kapten Inf. Amril, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan PLTU untuk memudahkan pengairan sawah, sehinga dibuatkan tandon air untuk bak penampungan.

0 Komentar