Kusmana Hartadji Tekankan Pentingnya MPLS Edukatif saat Membuka MPLS di SMPN 16 Kota Sukabumi

Ist
Kusmana Hartadji
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, membuka secara resmi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP tahun ajaran 2024-2025 di SMPN 16, Kecamatan Warudoyong, pada Senin, 16 Juli 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kusmana Hartadji menyampaikan beberapa pesan penting terkait penyelenggaraan MPLS yang edukatif, nyaman, dan aman.

PJ Wali Kota Sukabumi Tanggapi Pandangan Fraksi DPRD, Tentang Raperda RPJPD dan RPPLHParipurna DPRD Kota Sukabumi Bahas Raperda RPJPD dan RPPLH 2024-2054Pj Wali Kota Sukabumi Paparkan Proposal Pembangunan Kawasan Cipelang Hérang

Baca Juga:Percepat Penurunan Stunting, DP2KBP3A Dampingi Sekda Kota Sukabumi Turun Ke WilayahDP2KBP3A Kota Sukabumi Gaungkan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender

Pj. Wali Kota Sukabumi, bertindak sebagai pembina upacara, menekankan pentingnya MPLS sesuai dengan Permendikbud 16/2016. Ia menyampaikan bahwa MPLS harus membangun suasana adaptif bagi peserta didik baru untuk mengenal lingkungan sekolah yang baru dengan baik.

Lebih lanjut, Kusmana Hartadji menyampaikan beberapa rambu-rambu yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan MPLS, yaitu:

Larangan memungut biaya apapun: MPLS harus dilaksanakan secara gratis dan tidak boleh membebani peserta didik dengan biaya apapun.

Wajib melakukan kegiatan yang edukatif: Kegiatan MPLS harus bermanfaat dan bernilai edukatif bagi peserta didik.

Larangan perpeloncoan: Segala bentuk perpeloncoan dan kekerasan terhadap peserta didik baru harus dihindari.

Wajib menggunakan seragam: Peserta didik baru diwajibkan untuk menggunakan seragam sekolah selama kegiatan MPLS.

Jangan memberikan tugas yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran: Tugas yang diberikan kepada peserta didik selama MPLS harus relevan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Baca Juga:Minimalisir Perkawinan Anak, DP2KBP3A Kota Sukabumi MoU dengan Pengadilan AgamaLayanan Si Jempol Lentik IKD Disdukcapil Sambangi Pusat Perbelanjaan Kota Sukabumi

MPLS di SMPN 16 Kota SukabumiMeningkatkan teknik pengenalan lingkungan: Sekolah harus meningkatkan teknik pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru agar lebih efektif dan efisien.

Selain itu, Kusmana Hartadji juga mengimbau para siswa untuk bersikap santun, tidak melakukan perundungan, dan menumbuhkan rasa empati kepada orang lain. Ia menekankan pentingnya membangun sekolah yang inklusif, melindungi seluruh pihak, dan berkeadilan.

“Kebiasaan yang tidak baik, mohon jangan dilakukan. Termasuk di dalamnya kebiasaan iseng,” ujar Kusmana Hartadji. “Semoga MPLS menjadi salah satu cara dalam mengantisipasi kekerasan dan tindakan terpuji.”

Penjabat Wali Kota Sukabumi berharap MPLS dapat menjadi momen positif bagi peserta didik baru untuk memulai jenjang pendidikan menengah pertama dengan penuh semangat dan motivasi.

0 Komentar